Resmi Dibuka, Ini Deretan Tenant yang Ada di Pos Bloc Medan 

Terdapat puluhan tenant F&B, ruang kreatif hingga museum

Medan, IDN Times- Kantor Pos Medan yang berlokasi di Jalan Pos Nomor 1 Kesawan ini, resmi dibuka menjadi ruang kreatif publik. Dinamakan Pos Bloc Medan, ruang kreatif ini akan menghadirkan sejumlah tenant bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Medan.

Selain pemberdayaan bisnis, bangunan berusia 111 tahun juga dijadikan sebagai creative hub multi-fungsi bagi berbagai komunitas kreatif dan pengembangan talenta lokal.

1. Kantor pos ini direnovasi fisik selama lebih dari enam bulan

Resmi Dibuka, Ini Deretan Tenant yang Ada di Pos Bloc Medan Instagram.com/@posblocmedan

CEO Pos Bloc, Jimmy Saputro menyampaikan proyek Pos Bloc Medan merupakan kolaborasi antara PT Pos Properti Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos yang telah melakukan revitalisasi aset Gedung Kantor Pos Medan.

"Kabar gembira bagi warga Medan dan sekitarnya, setelah menjalani renovasi fisik selama lebih dari enam bulan akhirnya diresmikan," katanya, Sabtu (29/10/2022).

Di gedung ini pula akan hadir banyak tenant UKM atau UMKM yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya.

Baca Juga: Berusia 111 Tahun, Kantor Pos Medan Disulap Jadi Ruang Kreatif Publik

2. Puluhan tenant F&B dan ruang seni kreatif hadir di Plos Bloc Medan

Resmi Dibuka, Ini Deretan Tenant yang Ada di Pos Bloc Medan Instagram.com/@posblocmedan

Jimmy menyebutkan, tenant-tenant yang telah membuka usaha mereka di Pos Bloc Medan terdiri dari tenant F&B seperti Gelato Secrets, Nelayan, Common Folks, Si Tea, Torei, Mak Judes, Keude Makbid dan Es Coklat Gajah Mada.

Selain itu, ada juga Aeki Cerita Kopi, Meat Me, Canggu Bakehouse, Titik Temu, Mini M Bloc Market, Wolle Wolly, Mak Mie, Offle, Kedai Seoul, Huta Fresh Market hingga Oh Donut. Sementara tenant non-F&B antara lain Photomatics, GrowLiving.co hingga Sovlo.

Tak hanya itu, beberapa area di Pos Bloc Medan yang baru ini akan diperkenalkan sebagai berikut Esplanade, De Boer (alfresco area), Maidan Hall (ampiteater), Rotunda (aula utama), Taman, hingga Museum Pos Gallery.

3. Pos Bloc Medan yang digarap oleh PT Ruang Kreatif Pos merupakan bagian dari M Bloc Group

Resmi Dibuka, Ini Deretan Tenant yang Ada di Pos Bloc Medan Instagram.com/@posblocmedan

Kantor Pos Medan memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, lebar 20 meter, panjang 60 meter serta tinggi 20 meter dirancang oleh arsitek Belanda Bernama Ir. Simon Snuyf dari Burgelijke Openbare Werken (BOW), semacam Dinas Pekerjaan Umum Hindia Belanda.

Bangunan kantor pos ini pertama kali dibangun pada tahun 1909 dan rampung pada 1911. Lokasinya persis berseberangan dengan Lapangan Merdeka yang pada zaman kolonial dulu disebut Esplanade, ruang terbuka utama di depan Gedung Balaikota. Gedung ini telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya sesuai UU No 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012.

Handoko Hendroyono, CEO M Bloc Group mewakili pihak Pos Bloc Medan, mengatakan kehadiran Pos Bloc Medan ini akan menguntungkan berbagai pihak. Menurutnya, hal ini adalah sebuah upaya bersama-sama yang sangat tepat, ketika kita dengar soal sirkular ekonomi, regeneration economy bagaimana bisa benar-benar memanfaatkan ruang yang kurang efektif menjadi lebih efektif.

“Ini sebuah upaya yang menurut saya sangat luar biasa. Sekarang ekonomi kita kan digerakkan oleh empati, sesuatu yang sifatnya keberpihakan, pemberdayaan," ujarnya.

Pos Bloc Medan yang digarap oleh PT Ruang Kreatif Pos merupakan bagian dari M Bloc Group yang sebelumnya telah sukses pula mewujudkan ruang kreatif publik M Bloc Space di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pos Bloc Jakarta di Pasar Baru, JNM Bloc di Yogyakarta, hingga Fabriek Bloc di Padang, Sumatra Utara.

Baca Juga: Yeay! BSU Bisa Diambil di Kantor Pos Mulai Minggu Depan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya