Real Count Asahan, Petahana Surya-Taufik Kalahkan Mantan Wagub Sumut

Pasangan Surya-Taufik meraih 45,1 persen suara

Medan, IDN Times - Rekapitulasi hitung nyata (real count) di Pilkada Asahan sudah rampung 100 persen. Dari hasil rekapitulasi di laman resmi KPU menunjukkan, pasangan nomor urut 02, Surya-Taufik Zainal Abidin, meraih suara terbanyak. 

Ada 3 calon paslon di Pilkada Asahan. Surya merupakan Plt Bupati Asahan yang merupakan Wakil Bupati Asahan sebelumnya berpasangan dengan Taufik Zainal Abidin. Dua rival lainnya adalah Nurhajizah yang merupakan Mantan Wakil Gubernur Sumut 2017-2018 berpasangan dengan Henri Siregar, serta Rohmansyah berpasangan Winda Fitrika, yang merupakan istri dari almarhum Bupati Asahan, Taufan Gama.

1. Surya-Taufik Zainal Abidin meraih 138.819 suara

Real Count Asahan, Petahana Surya-Taufik Kalahkan Mantan Wagub SumutDok.IDN Times/istimewa

Data terakhir, Selasa (15/12/2020) pukul 13.00 WIB dari 1.952 TPS. Surya-Taufik Zainal Abidin,meraih 45,1 persen suara. Sedangkan rivalnya nomor urut 01 mendapat 32,8 persen suara. Sementara pasangan nomor urut 03, hanya meraih 22,1 persen suara.

Dalam laman pilkada2020.kpu.go.id, Surya-Taufik Zainal Abidin berhasil meraih 138.819 suara. Sedangkan Nurhajizah -Henri Siregar meraih 101.071 suara. Sementara Rohmansyah - Winda Fitrika meraih 68.063 suara.

Baca Juga: Real Count KPU, Juliadi-Amir Hamzah Unggul di Pilkada Binjai

2. Surya-Taufik hanya kalah di 2 kecamatan

Real Count Asahan, Petahana Surya-Taufik Kalahkan Mantan Wagub SumutDok. IDN Times/IStimewa

Ada 25 kecamatan di Asahan. Dari seluruh kecamatan itu, Surya-Taufik hanya kalah di 2 kecamatan. Yakni di Bandar Pulau dan Aek Songsongan. Dua kecamatan itu dikuasai Nurhajizah-Henri Siregar.

Kecamatan Kota Kisaran Timur jadi penyumbang terbanyak suara untuk Surya-Taufik.  Mereka meraih 14.997 di kecamatan tersebut.

3. Surya-Taufik punya koalisi raksasa

Real Count Asahan, Petahana Surya-Taufik Kalahkan Mantan Wagub SumutDok.IDN Times/istimewa

Pasangan nomor urut 02 Surya-Taufik, diusung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai PPP, Partai PAN, Partai Perindo dan Partai PKPI dan partai pendukung PSI.

Sementara rivalnya Nurhajizah yang berstatus Mantan Wakil Gubernur Sumut berpasangan dengan Henri Siregar didukung partai Gerindra, PKS, dan PKB dan Partai Nasdem. Rival lainnya Rohmansyah berpasangan Winda Fitrika yang merupakan istri Taufan Gama, mantan Bupati Asahan didukung PDI Perjuangan dan Hanura.

Baca Juga: Real Count KPU, Bobby Nasution-Aulia Rachman Menangi Pilkada Medan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya