Penuhi Wasiat Haji Anif, 24 dari 99 Masjid Almusannif Selesai Dibangun

Dua di antaranya belum diresmikan

Medan, IDN Times - Sebelum mengembuskan napas terakhir, Haji Anif berkeinginan membangun 99 masjid. Hal itu yang disampaikan Wakil Gubernur, Musa Rajekshah. Untuk mewujudkan cita-cita sang ayah, ia akan membangun masjid. 

Saat ini, masjid yang sudah terbangun berjumlah 22 masjid. Musa Rajekshah meresmikan Masjid Al Musannif yang berada di Dusun IX, Desa Lubuk Palas, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, bebarapa waktu lalu. 

"Alhamdulillah, ini masjid Al Musannif yang ke-22. Insya Allah, dari yang dicita-citakan orang tua saya membangun 99 masjid, 24 sudah selesai. Dua lagi, satu di Serdang Bedagai dan satu di Mandailing Natal nanti akan kami datangi untuk diresmikan juga," ucap Wagub Sumut yang disapa Ijeck itu. 

Baca Juga: Pesan Terakhir Haji Anif, Berharap Keluarga Akur dan Bangun 99 Masjid

1. Mewujudkan pesan sang ayah agar masjid yang sudah dibangun untuk segera diselesaikan

Penuhi Wasiat Haji Anif, 24 dari 99 Masjid Almusannif Selesai DibangunSuasana bagian dalam Masjid Babul Firdaus, atau Masjid Gowa Jongaya di Kelurahan Jongaya, masjid tertua di Kota Makassar. (IDN Times/Abrurrahman)

Ijeck menyampaikan sebelum meninggal dunia, ayahnya telah berpesan agar masjid yang sudah dibangun untuk segera diselesaikan.

"Sebelum mendahului kita, memang orang tua kami meminta agar saya datang ke masjid ini untuk meresmikannya. Tapi karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, hal itu belum bisa dilaksanakan," jelasnya.

2. Ijeck: Semoga apa yang sudah dibuat almarhum Haji Anif dapat menjadi amal zairiahnya

Penuhi Wasiat Haji Anif, 24 dari 99 Masjid Almusannif Selesai DibangunIlustrasi penyemprotan disinfektan. Masjid Al Azhom, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dengan diresmikannya Masjid Al Musannif di Silau Laut ini, ia meminta kepada warga setempat agar terus memakmurkannya dengan kegiatan agama, salat lima waktu. Juga diharapkan anak-anak yang ada sekitar masjid banyak yang memanfaatkannya untuk belajar mengaji. Nantinya, akan dibangun juga sekolah tahfiz di lokasi Masjid Al Musannif ini.

Ijeck mengingatkan, untuk menjaga ketentraman daerah dan ukhuwah Islamiyah, agar menjadikan Islam sebagai agama yang rahmatan lil'alamin. "Semoga apa yang sudah dibuat almarhum ayahnya dapat menjadi amal zairiahnya," ungkapnya.

3. Sebelumnya hanya ada musala di daerah ini. Jika melaksanakan salat Jumat masyarakat harus berjalan sejauh 5 kilometer

Penuhi Wasiat Haji Anif, 24 dari 99 Masjid Almusannif Selesai DibangunUnpslash/Junhan Foong

Putra Daerah Asahan, M Jamil, menyampaikan rasa terima kasih masyarakat kepada Wagub Musa Rejekshah dan ayahanda H Musannif yang baru saja berpulang ke rahmatullah. Katanya, keberadaan Masjid Al Musannif memang sangat dinantikan oleh masyarakat setempat, karena sebelumnya di kampung tersebut tidak terdapat masjid, melainkan hanya musala.

"Sehingga untuk salat Jumat masyarakat harus berjalan sejauh 5 kilometer. Jadi mudah-mudahan dengan adanya Masjid Al Musannif ini, Insya Allah, akan memudahkan warga untuk mendirikan Salat Jumat," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya juga menuturkan terima kasih atas dibangunnya Masjid Al Musannif di Kecamatan Silau Laut ini. Karena sebelumnya warga di sini untuk menjalankan salat Jumat sampai harus berjalan jauh hingga ke Airjoman.

Baca Juga: Erick Thohir dan Lutfi Terbang ke Medan Khusus Ziarahi Makam Haji Anif

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya