Panen Raya Padi di Sergai, Gubernur Edy: Beras Sumut Surplus

Berikan stimulus dan semangat kepada para petani

Medan, IDN Times- Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi melakukan kegiatan panen raya padi di lahan seluas 200 hektare di areal Kelompok Tani Berdikari Desa Makmur Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Kamis (14/07/2022).

Pada kesempatan itu, Edy mengucapkan terima kasih kepada para petani yang terus bekerja keras untuk menghasilkan padi yang cukup, guna memenuhi kebutuhan daerah. Apalagi padi merupakan kebutuhan pokok masyarakat Sumut.

"Beras Sumut itu surplus, salah satu penyumbang beras yang membuat surplus itu Sergai ini, saya ucapkan terima kasih kepada ibu-ibu dan bapak-bapak petani sekalian," kata Edy yang hadir bersama Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumut Nawal Lubis.

1. Berikan stimulus dan semangat kepada para petani

Panen Raya Padi di Sergai, Gubernur Edy: Beras Sumut SurplusGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumut Nawal Lubis menghadiri acara syukuran Panen Raya Padi seluas 200 Ha yang dilaksanakan di Desa Makmur Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (14/7/2022).

Selain itu, untuk memajukan pertanian di Sumut, Edy akan terus memberikan stimulus dan semangat kepada para petani. Hal itu ditujukan untuk menuju swasembada pangan Sumut, khususnya beras.

"Kita ingin pangan kita tidak lagi diimpor, kita telah lama dininabobokkan oleh impor, padi, jagung, gandum semua, itulah yang membuat pelemahan ekonomi, pelemahan pangan, jadi jangan pernah lagi mau seperti itu, ini kita juga sedang diskusikan bagaimana petani bisa makmur," kata Edy.

Baca Juga: Jokowi Minta Edy Rahmayadi Atasi Konflik Agraria di Sumatera Utara

2. Kabupaten Sergai merupakan salah satu sentra pertanaman padi di Sumut

Panen Raya Padi di Sergai, Gubernur Edy: Beras Sumut SurplusIlustrasi lahan sawah (IDN Times/ Ervan)

Sebelumnya, Plt Kadis TPH Sumut, Lusyantini, menyampaikan Kabupaten Sergai merupakan salah satu sentra pertanaman padi di Sumut. Tahun 2021, produksi padi Sergai mencapai 351 ribu ton Gabah Kering Giling (GKG), setara dengan 207 ribu ton beras.

“Hasil itu membuat Kabupaten Serdangbedagai surplus beras sekaligus daerah penyangga ketahanan pangan wilayah di sekitarnya,” ujarnya.

Ditambahkan Lusyantini, Kegiatan panen padi raya yang merupakan bagian program Pengembangan Budidaya Padi Dinas TPH Sumut yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2022 ini bertujuan agar kesejahteraan keluarga petani semakin meningkat.

3. Mayoritas petani setempat menggunakan varietas Ciherang

Panen Raya Padi di Sergai, Gubernur Edy: Beras Sumut SurplusANTARA FOTO/Aji Styawan

Sementara, Kepala Desa Makmur, Saprik, yang ditemui di sela kegiatan, mengklaim, areal panen raya mencapai 200 hektare (Ha). Mayoritas petani setempat menggunakan varietas Ciherang dengan produktivitas berkisar 7,5 sampai 8 ton per hektare.

Kata Saprik, warga desanya masih membutuhkan bantuan mesin panen combine harvester. Selain memudahkan petani dalam memanen padinya, mesin panen tersebut juga dapat membuka lapangan kerja baru bagi warganya.

Baca Juga: 32 Pembela D’Caldera Coffee yang Ditangkap Polisi Dibebaskan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya