Nami Island, Destinasi Favorit Warga Sumut di Korea Selatan

Umumnya travel agent menjual paket ke lokasi syuting K-Drama

Medan, IDN Times - Tahun ini, Korea Tourism Organization (KTO) kembali menggelar Virtual Tour Korea 2021. Ada enam kota yang disinggahi, kota Medan menjadi salah satunya. Hal itu dilakukan untuk memberikan informasi terkini seputar perkembangan pariwisata Korea kepada pelaku industri pariwisata.

Direktur KTO Jakarta, Yang Su Bae, mengatakan untuk mempermudah jangkauan ke travel agent di daerah, KTO bekerja sama dengan Astindo sebagai Asosiasi Travel Agent di Indonesia.

"KTO dan Astindo mempunyai tujuan yang sama, yaitu ingin mengaktifkan kembali travel agent yang vakum karena dampak pandemik COVID-19," ujarnya, Selasa (7/12/2021). 

1. KTO berharap kunjungan wisatawan Internasional meningkat jika border dibuka

Nami Island, Destinasi Favorit Warga Sumut di Korea SelatanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Jika melihat pada 2019, kata Yang Su Bae, pihaknya menargetkan 300.000 wisatawan Indonesia yang datang ke Korea. Maka pada tahun 2022 mendatang, akan berharap lebih  melihat pasar yang semakin besar dikarenakan adanya K-Drama dan K-Pop.

"Tahun 2019 target 300 ribu wisatawan Indonesia datang ke Korea. Kita harapkan setelah border dibuka untuk wisatawan internasional, lebih dari 300 ribu wisatawan Indonesia datang ke Korea," katanya. 

Baca Juga: 3 Ton Jeruk Untuk Jokowi, Cara Warga Sindir Kinerja Bupati Karo

2. Korea belum membuka border bagi wisatawan Indonesia

Nami Island, Destinasi Favorit Warga Sumut di Korea SelatanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Saat ini, Korea belum membuka border bagi wisatawan Indonesia. Namun hal itu tidak mengurangi optimis KTO untuk tetap menjalin hubungan dan berbagi informasi terkini seputar Korea ke pelaku industri pariwisata di Indonesia. 

Melalui virtual tour tersebut, KTO berharap agar travel agent Indonesia bisa tetap produktif dalam mengelolah ragam paket tur ke Korea, sehingga ketika perbatasan dibuka ragam paket tur tersebut siap untuk ditawarkan kepada wisatawan Indonesia. 

Roadshow virtual KTO sebelumnya dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Batam dan Denpasar. Pada 2020, roadshow diadakan di empat kota yaitu, Palembang, Semarang, Denpasar, dan Surabaya.

3. Umumnya agent travel menjual paket ke lokasi yang ada di K-Drama

Nami Island, Destinasi Favorit Warga Sumut di Korea SelatanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Ketua DPD Astindo Sumut, Wilson Halim, menuturkan sebelum adanya pandemik COVID-19, Korea menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Sumatra Utara. Dengan adanya K-Drama, masyarakat mengenal lokasi wisata di Korea.

"Umumnya agent travel menjual paket ke lokasi yang ada di K-Drama. Nami Island salah satu destinasi favorit di Korea Selatan," sambungnya.

Selain itu, katanya, Korea juga sangat bagus untuk masyarakat muslim dikarenakan adanya destinasi wisata halal. "Untuk melakukan ibadah dan makanan di sana," tambahnya.

Namun saat ini, masyarakat masih menunggu Vaccinated travel lane (VTL). "Agar orang Indonesia bisa ke Korea atau sebaliknya," ucap Wilson. 

Baca Juga: Traveling ke Aceh? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya