Musperin dan Pelindo I Ajak Urban Sketchers Medan Mengenal Pelabuhan

Urban Sketchers menggambar sketsa pelabuhan

Medan, IDN Times -  Museum Perkebunan Indonesia bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo ) I  mengajak Urban Sketchers Medan untuk melakukan kunjungan dan menggambar sketsa pelabuhan di Belawan International Container Terminal (BICT).

"Dengan datang langsung, mereka akan lebih mengenal pelabuhan termasuk perangkat-peangkatnya," kata Tengku Irfansyah, Asisten Menejer SDM dan Hukum BICT seperti dilansir dari Antara Sumut, Minggu (10/3).

1. BICT merupakan cabang Pelindo 1 yang lokasinya di Belawan

Musperin dan Pelindo I Ajak Urban Sketchers Medan Mengenal Pelabuhanpelindo.co.id

Ia menambahkan, pihaknya menyambut kedatangan Museum Perkebunan Indonesia bersama Urban Sketchers Medan dengan melakukan pemutaran video profil BICT untuk memberikan gambaran tentang bisnis dan operasional BICT yang nantinya akan disketsa.

"BICT merupakan cabang Pelindo 1 yang lokasinya di Gabion, Belawan. BICT menyediakan jasa pelayanan bongkar muat peti kemas yang melayani kegiatan ekspor impor internasional,” lanjutnya.

Baca Juga: PRSU 2019 Resmi Dibuka Malam Ini, Berikut Artis-artis yang Akan Hadir

2. Pada Abad ke-18 dan 19, komoditas perkebunan dikirimkan melalui Pelabuhan Belawan

Musperin dan Pelindo I Ajak Urban Sketchers Medan Mengenal Pelabuhanpixabay.com/12019

Sri Hartini, Direktur Eksekutif Museum Perkebunan Indonesia mengatakan bahwa kedatangan Urban Sketchers Medan yang merupakan komunitas sketchers Kota Medan ke BICT bertujuan untuk melengkapi koleksi dan tata pamer yang berkaitan dengan infrastruktur masa lalu dan masa depan.

Pada Abad ke-18 dan 19, komoditas perkebunan dikirimkan melalui Pelabuhan Belawan, sehingga Pelabuhan Belawan menjadi salah satu tempat yang bersejarah bagi roda perekonomian Sumatera Utara.

"Di museum, kami tidak hanya memamerkan dokumentasi masa lalu saja namun juga masa depan, sehingga kami ingin mendokumentasikan BICT sebagai modernisasi aktivitas kepelabuhanan di Belawan. Dokumentasi berupa sketsa nantinya akan dipamerkan di Museprin,” ujar Sri Hartini.

3. Hasil sketsa yang dibuat ini akan dipamerkan untuk masyarakat umum yang diharapkan menjadi sarana edukasi

Musperin dan Pelindo I Ajak Urban Sketchers Medan Mengenal PelabuhanInstagram/@urbansketchers

Dalam kegiatan tersebut, Urban Sketchers Medan dibawa menuju Control Room BICT untuk membuat sketsa aktivitas yang berlangsung di container yard maupun control room.

Fiona Sari Utami, Public Relations Pelindo 1, mengatakan pihaknya selalu terbuka dengan kegiatan positif yang dilakukan berbagai komunitas yang ingin bekerja sama dengan Pelindo 1.

Kegiatan membuat sketsa pelabuhan yang dilakukan oleh Urban Sketchers Medan merupakan kegiatan positif yang akan selalu didukung oleh manajemen Pelindo 1.

"Hasil sketsa yang dibuat ini akan dipamerkan untuk masyarakat umum yang diharapkan menjadi sarana edukasi tentang pentingnya peran pelabuhan dan dunia maritim dalam meningkatkan perekonomian nasional," katanya.

Baca Juga: SD Negeri 020584 Binjai Juara Milo Football Championship Medan 2019

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya