Jelang Lebaran, Ini Strategi XL Axiata untuk Optimalkan Layanan

Lakukan peningkatan kualitas jaringan selama lebaran

Medan, IDN Times - Menyambut Lebaran, XL Axiata sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang pada lebaran tahun ini. XL Axiata melakukan persiapan jaringan untuk meningkatkan kapasitas hingga 2 kali dari kondisi hari normal.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyampaikan optimisasi jaringan dilakukan di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. Selain itu, peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat selama masa liburan. 

1. Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat

Jelang Lebaran, Ini Strategi XL Axiata untuk Optimalkan LayananPegawai PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak pascagempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (17/1/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu, skenario rekayasa jaringan juga telah disiapkan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi.

Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

Baca Juga: Ustaz Somad Menikah Lagi, 10 Potret Mellya Juniarti Mantan Istrinya 

2. Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik

Jelang Lebaran, Ini Strategi XL Axiata untuk Optimalkan Layanan

Ia mengatakan, meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu. Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20 persen di layanan data. 

"Layanan streaming video atau musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Selain itu, layanan video conference dan video call akan naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak famili," ucapnya.

3. Meski ada larangan mudik, optimisasi jaringan juga tetap dilakukan di sepanjang jalur tol Jawa dan Sumatera

Jelang Lebaran, Ini Strategi XL Axiata untuk Optimalkan LayananJaringan listrik PLN di perumahan (IDN Times/Umi Kalsum)

Meski ada larangan mudik, optimisasi jaringan juga tetap dilakukan di sepanjang jalur tol Jawa dan Sumatera, bandar udara, terminal bus antarkota, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta.

Selain itu, XL Axiata juga telah mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah.

XL Axiata juga memastikan kualitas jaringan di semua wilayah layanan, termasuk di berbagai kota dan area yang selama ini dikenal sebagai tujuan utama mudik. Bahkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik tetap disiapkan manakala terjadi kepadatan di suatu area

Baca Juga: Tabur Bunga, Bapera Sumut: Nanggala-402 Mengawal Kita Dalam Keabadian

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya