HORE! Tol Trans Sumatera Bisa Dilalui saat Lebaran Tahun Ini

Bakauheni-Palembang 350 kilometer ditempuh cuma 3 jam

Medan, IDN Times - Pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman di kota-kota Pulau Sumatera bisa melintasi jalan Tol Trans-Sumatera.

Sebab, proyek pembangunan Tol Trans-Sumatera kian menunjukkan perkembangan signifikan. Progres konstruksi fisik hingga akhir Februari 2019 sepanjang 571 kilometer sudah selesai dibangun.

Hal tersebut disampaikan oleh Bintang Perbowo, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Rabu (6/3).

"Saat mudik lebaran tahun ini akan beroperasi sepanjang 571 kilometer. Mudik dari Bakauheni hingga Palembang 350 kilometer cuma 3 jam. Sebelumnya bisa seharian," ujar Bintang.

1. "Investasi yang dibutuhkan untuk membangun jalan sepanjang itu senilai Rp 476 triliun"

HORE! Tol Trans Sumatera Bisa Dilalui saat Lebaran Tahun IniIDN Times/Masdalena Napitupulu

Bintang mengatakan, Tol Trans-Sumatera merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang ditugaskan pemerintah kepada Hutama Karya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 yang merupakan revisi atas Perpres Nomor 100 Tahun 2014.

Jalan yang membentang dari Bakauheni hingga Banda Aceh ini dirancang sepanjang 2.765 kilometer yang terbagi dalam 24 ruas.

"Investasi yang dibutuhkan untuk membangun jalan sepanjang itu senilai Rp 476 triliun," jelasnya.

Ia juga berharap hingga akhir tahun ini panjang jalan tol yang terbangun sekitar 1.130 kilometer.

2. JTTS akan meningkatkan Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai dan pajak-pajak lainnya bagi pemerintah pusat

HORE! Tol Trans Sumatera Bisa Dilalui saat Lebaran Tahun IniIDN Times/Masdalena Napitupulu

Sementara, Brahmantio Isdijoso, Direktur Pengelolaan Risiko Keuangan Negara Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan, mengatakan jalan tol trans Sumatera (JTTS) akan meningkatkan Pajak Penghasilan (PPn), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan pajak-pajak lainnya bagi pemerintah pusat.

"Potensi penambahan penerimaan pajak selama periode proyeksi dampak 2108-2048  di wilayah  Trans itu  sebesar minimal Rp 2.690 triliun dengan rata-rata penambahan sebesar Rp 86 triliun per tahun," ujarnya.

3. Penyediaan infrastruktur berdampak mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, serta meningkatkan daya saing

HORE! Tol Trans Sumatera Bisa Dilalui saat Lebaran Tahun IniIDN Times/Masdalena Napitupulu

Brahmantio juga mengatakan bahwa penyediaan infrastruktur berdampak mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, serta meningkatkan daya saing.

"Anggaran pemerintah digunakan untuk proyek infrastruktur dasar, terutama untuk proyek yang layak secara ekonomi, tetapi tidak layak secara finansial," katanya.

Pada hari Rabu (6/3), usai acara Kupas Tuntas Tol Trans-Sumatera,  IDN Times bersama insan pers lainnya berkesempatan meninjau langsung jalan Tol Trans-Sumatera.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya