Hadiri HUT ke-43 Dekranas, Ini Agenda Iriana Jokowi di Medan

Pameran expo digelar hingga 21 Mei

Medan, IDN Times- Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri peringatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Hotel Santika Dyandra Medan, Sumatra Utara, Selasa (16/5/2023).

Dalam kegiatan ini, Iriana hadir bersama istri Wapres, Wury Ma'ruf Amin, dan jajaran Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

1. Pameran Expo HUT ke-43 dilaksanakan selama enam hari

Hadiri HUT ke-43 Dekranas, Ini Agenda Iriana Jokowi di MedanIriana Jokowi saat meninjau pameran kriya dari dekranasda seluruh Indonesia (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat, Wury Ma'ruf Amin mengatakan, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dekranas yang ke-43, juga akan dilaksanakan peresmian pembukaan pelatihan wirausaha baru tahun 2023.

Selain itu, ada juga Pameran Expo HUT ke-43 yang dilaksanakan selama enam hari sejak tanggal 16-21 Mei 2023, bertempat di Lapangan Benteng Medan. 

Baca Juga: Iriana Jokowi Hadiri HUT Dekranas, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

2. Menghadirkan produk kerajinan unggulan berbagai binaan Dekranasda dari seluruh Indonesia

Hadiri HUT ke-43 Dekranas, Ini Agenda Iriana Jokowi di MedanIriana Jokowi saat menghadiri HUT ke-43 Dekranasda (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Wury juga menyebutkan, Expo ini menghadirkan produk kerajinan unggulan berbagai binaan Dekranasda dari seluruh Indonesia, layanan konsultasi dan berbagai kegiatan binaan bagi para pengrajin terkait kekayaan intelektual, desain dan kemasan serta tentang tingkat komponen industri kecil.

Dalam Dekranas Expo, juga terdapat berbagai acara hiburan. "Acara Dekranas ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di daerah dan untuk selanjutnya dapat dilanjutkan di daerah lainnya dengan kesiapan dari masing-masing daerah yang ingin mengajukan sebagai tuan rumah," ujarnya. 

3. Ibu Negara Iriana bersama rombongan kemudia menyambangi Pameran Expo HUT ke-43

Hadiri HUT ke-43 Dekranas, Ini Agenda Iriana Jokowi di MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Selanjutnya, Ibu Negara Iriana bersama rombongan menyambangi Pameran Expo HUT ke-43. Rombongan Ibu Negara juga dijadwalkan menyambangi Istana Maimun untuk meninjau acara Gelar Melayu Serumpun 2023. Gelar Melayu Serumpun merupakan ajang perkenalan warisan budaya sebagai atraksi dan daya tarik wisata.

Pemerintah Kota Medan beberapa waktu sempat menyatakan Gelar Melayu Serumpun 2023 rencananya juga akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno serta Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Selepas meninjau Gelar Melayu Serumpun, rombongan Ibu Negara akan melakukan kunjungan kerja pada Rabu, (17/5/2023).

Baca Juga: Pernyataan Jokowi di Musra Dinilai Tak Mengarah ke Capres Tertentu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya