Festival Literasi Balige, Ajak Anak Muda Jadi Penulis

Festival Literasi Balige digelar pertama kalinya pada 2022

Medan, IDN Times - Balige adalah sebuah kecamatan dan juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Tak banyak anak muda sekitar yang melek akan sejarah kota ini. Padahal, kota Balige memiliki banyak kisah di masa lampau yang layak dilestarikan hingga kini. 

Hal itulah yang menggerakkan Yayasan Bogasni Rumah Balige, Ita bersama dua rekannya, Pasu Dame Pardede, Grace Doloksaribu menghadirkan Festival Literasi Balige 2022. Tujuannya, untuk menjaga ingatan dan melestarikan budaya. Kegiatan ini berlangsung pada 14 Mei - 31 Juli 2022. 

Meski baru pertama kali diselenggarakan, festival ini diharapkan dapat mendorong anak-anak muda sekitar Balige untuk mengambil peran. Seperti mengajak untuk menulis, berkreasi, berwirausaha hingga promosi keindahan kota Balige dan Danau Toba.

Baca Juga: Eksotis! Menikmati Pasir Putih di Pantai Lumban Bulbul Balige

1. Festival ini bertujuan untuk mengangkat cerita sejarah, pendidikan dan pariwisata di kota Balige

Festival Literasi Balige, Ajak Anak Muda Jadi PenulisFestival Literasi Balige 2022 (Istimewa/IDN Times)

Ita Siregar, panitia penyelenggara Festival Literasi Balige 2022, menyampaikan persiapan kegiatan ini dimulai sejak Januari 2022. Dengan harapan agar semua kalangan dapat mendukung kegiatan tersebut, menikmati festival sambil berwisata.

"Balige sebagai tempat penyelenggaraan festival ini. Kenapa Balige? kota ini sebagai titik transformasi, dari pra-kolonial dan Balige punya banyak sejarah. Pada penjajahan Belanda, Balige sebagai pusat alokasi logistik ke beberapa daerah lainnya," ujarnya kepada IDN Times.

Tak hanya itu, festival ini juga bertujuan untuk mengangkat cerita sejarah pendidikan di kota Balige.

"Balige juga sebagai pusat pendidikan zaman penjajahan Belanda. Kemudian, kisah Sisingamangaraja XII yang mengangkat senjata di Balerong Balige. Belanda banyak membuat bangunan, Rumah Sakit Umum (RSU) HKBP Balige adalah salah satunya," ungkap Ita.

2. Ingin mengembalikan nilai luhur batak dan pengenalan kembali akar budaya

Festival Literasi Balige, Ajak Anak Muda Jadi PenulisIlustrasi Cewek Batak (IDN Times/Prayugo Utomo)

Lewat festival ini, pihaknya juga berkeinginan untuk kembali mengenang dan memberi tahu kepada anak muda bahwa Balige punya banyak sejarah dan cerita.

"Kami juga ingin mengembalikan nilai luhur batak dari zaman dulu agar mereka (anak muda) lebih berbudaya. Karena kami melihat saat ini banyak yang lebih tartarik dengan budaya luar namun melupakan sejarah. Di sini pengenalan kembali akar budaya," tuturnya.

Kemudian, katanya nilai budaya batak juga yang disebut anak raja itu memiliki makna tersendiri. "Kita berikan makna bagaimana dianggap demikian," ucapnya.

Tak hanya mengangkat isu budaya, Ita juga menjelaskan, bahwa festival ini juga mengajak anak muda untuk menjadi penulis dan berwirausaha dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya. 

"Defenisi, kecakapan berbahasa dan berpikir agar bisa memahami lingkungan dan daerahnya," jelas Ita.

3. Festival Literasi Balige menyediakan puluhan kelas belajar untuk pemuda dan pemudi terkait literasi

Festival Literasi Balige, Ajak Anak Muda Jadi PenulisFestival Literasi Balige 2022 (Istimewa/IDN Times)

Selain itu, lewat festival ini para pemangku kepentingan juga dipertemukan dengan masyarakat Balige sekitarnya. "Kegiatan ini mempertemukan para pemangku kepentingan, masyarakat, pemerintah, pihak swasta dan penerbit buku. Di sini dipertemukan siapa aja yang ikut membuat ekosistem ini berjalan," tambahnya. 

Festival Literasi Balige menyediakan puluhan kelas belajar untuk pemuda dan pemudi terkait literasi. Seperti residensi penulis dan seniman yang membahas sastra masuk sekolah, kelas menulis opini, kelas menulis dan membaca puisi, kelas menulis aksara batak, kelas melukis dan kelas menulis film pendek. "Kami hadirkan pembicara dari Balige, Sumut, Jawa dan Indonesia Timur," ucapnya.

Baca Juga: Haru, Pedagang Siomai Daftar Haji Pakai Uang Logam dan Recehan Seribu

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya