Dukung Pemulihan Ekonomi, Ini 3 Kelebihan Moda Transportasi Udara 

Fokus menggairahkan kembali penerbangan di 19 bandara

Medan, IDN Times - Muhammad Awaluddin, President Director PT Angkas Pura II (Persero) mengatakan sektor penerbangan berperan penting dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah pandemik COVID-19. 

Kata Muhammad, ada tiga kelebihan transportasi udara dibanding transportasi lain. Yuk simak:

1. Moda transportasi yang paling cepat dan efisien

Dukung Pemulihan Ekonomi, Ini 3 Kelebihan Moda Transportasi Udara Ilustrasi pengisian avtur ke pesawat. Dok. Pertamina MOR IV

Pertama, fleksibilitas, ditandai dengan besarnya jumlah pergerakan, misalnya jika ada permintaan atau demand yang cukup besar maka maskapai pasti akan membuka rute atau meningkatkan frekuensi penerbangan.

Kedua, penerbangan juga memiliki kapasitas yang ditandai dengan kemampuan atau daya angkut yang cukup besar dan dapat dimobilisasi secara cepat.

Ketiga, konektifitas. Di mana moda transportasi udara adalah moda transportasi yang paling cepat dan efisien untuk membuka akses ke dan dari suatu daerah, apalagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

2. Fokus menggairahkan kembali penerbangan di 19 bandara

Dukung Pemulihan Ekonomi, Ini 3 Kelebihan Moda Transportasi Udara IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menyusul 3 hal tersebut, PT Angkasa Pura II dan stakeholder di tengah pandemi ini fokus menggairahkan kembali penerbangan di 19 bandara di Indonesia.

“Strategi yang kami tetapkan adalah kembali ke bisnis inti (back to the core business), yakni bisnis aeronautika. Bersama stakeholder, PT Angkasa Pura II menjalankan tiga strategi yakni meningkatkan utilisasi slot penerbangan, pengaktifan kembali rute-rute yang sempat ditutup karena pandemik," jelasnya.

"Dan peningkatan frekuensi penerbangan di rute yang telah aktif. Di saat bersamaan, kami juga menjalankan Safe Travel Campaign guna memberi keyakinan kepada masyarakat,” tambah Muhammad.

3. Tiga strategi tersebut dijalankan sejak Juli 2020

Dukung Pemulihan Ekonomi, Ini 3 Kelebihan Moda Transportasi Udara IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Kata Muhammad, tiga strategi tersebut dijalankan sejak Juli 2020. Sudah sekitara 3-4 bulan sejak kasus COVID-19 ada di Indonesia.

"Kami berupaya menggerakkan permintaan melalui penawaran. Dan hasilnya, pada Juli - Agustus, indikator menunjukkan bahwa pemulihan penerbangan di 19 bandara PT Angkasa Pura II sudah terlihat,” sambung Muhammad.

Baca Juga: Akhyar Sesalkan Oknum yang Kutip Uang untuk APD di TPU Simalingkar

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya