Dimulai Hari Ini, Berikut Aturan PPDB Sumut Tingkat SMA di Sumut

Cek jadwalnya di sini!

Medan, IDN Times-  Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA dengan sistem daring dimulai 7 Juni 2021. Kemudian, untuk Jalur Afirmasi, Perpindahan Orang Tua, dan Prestasi tanggal 7-9 Juni 2021. Sedangkan jalur zonasi tanggal 13-16 Juni 2021.

Sementara untuk SMK Negeri semua jalur dimulai tanggal 20-23 Juni 2021. Bagi yang ingin mengakses informasi PPDB 2021, dapat mengunjungi https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id.

1. Berikut jalur khusus untuk afirmasi

Dimulai Hari Ini, Berikut Aturan PPDB Sumut Tingkat SMA di SumutIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Syaifuddin, Kepala Dinas Pendidikan Sumut, menyampaikan persiapan PPDB telah dilakukan sebelumnya dengan menjemput berbagai masukan dari berbagai pihak, termasuk DPRD dan pemerintah kabupaten atau kota, serta membuat persyaratan pendaftaran yang tidak membuat calon pendaftar kesulitan.

Ia menjelaskan jalur khusus untuk afirmasi di antaranya, siswa dari keluarga kurang mampu, anak panti asuhan, atau anak dari tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan COVID-19 serta penyandang disabilitas. "Begitu juga jalur perpindahan orangtua, yang akan dipastikan kebenarannya," katanya, Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Soal Sekolah Tatap Muka di Sumut, Gubernur Edy: Tanya Sama Tuhan!

2. Untuk kemungkinan belajar tatap muka, dilakukan vaksinasi untuk guru

Dimulai Hari Ini, Berikut Aturan PPDB Sumut Tingkat SMA di Sumutpexels.com/ Pixabay

Kata Syaifuddin, untuk kemungkinan belajar tatap muka, Dinas Pendidikan Sumut menegaskan bahwa saat ini pelaksanaan vaksinasi bagi guru atau tenaga pendidik hampir 60 persen, di mana targetnya sebesar 70 persen dari jumlah guru. Hal ini untuk menyiapkan segala sesuatu jika sekolah dibuka.

"Persiapan di sekolah akan memperkuat unit kesehatan sekolah (UKS) seperti menambah personel mulai dari tenaga kesehatan dan guru bimbingan konseling (psikologis). Bahkan jika diperlukan, akan disiapkan perawat, bekerja sama dengan Puskesmas," jelasnya. 

“Kita tetap berusaha untuk tahun ajaran baru dilaksanakan tatap muka dengan segala kesiapan. Tetapi itu terpulang kepada Pak Gubernur. Sekarang ini kita tetap melaksanakan kebijakan Gubernur sesuai surat edaran (belajar daring). Kita berdoa semoga keadaan membaik,” tambahnya.

3. Berdasarkan target penerimaan tahun ajaran baru 2021-2022 ini, ada 154.057 siswa

Dimulai Hari Ini, Berikut Aturan PPDB Sumut Tingkat SMA di SumutIlustrasi (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Berdasarkan target penerimaan tahun ajaran baru 2021-2022, dari 18 cabang Dinas Pendidikan di Sumut, jumlah sekolah SMA sebanyak 472 dan SMK 270, dengan target siswa yang akan diterima tahun ini untuk SMA sebanyak 92.377 dan SMK sebanyak 61.680 atau total 154.057 siswa. Untuk rombongan belajar (rombel), ditargetkan sebanyak 2.559 untuk SMA dan 1.726 untuk SMK.

4. Ini skema penerimaan berdasarkan jalur yang ditetapkan

Dimulai Hari Ini, Berikut Aturan PPDB Sumut Tingkat SMA di SumutEdy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara (Istimewa/IDN Times)

Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara mengatakan terkait persiapan PPDB jenjang SMA atau SMK Negeri untuk Tahun Ajaran 2021-2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Dinas Pendidikan sudah menyiapkan skema penerimaan berdasarkan jalur yang ditetapkan.

Yakni untuk SMA, jalur zonasi paling banyak 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan orangtua 5 persen, dan jalur prestasi 25 persen.

Sedangkan untuk jenjang SMK Negeri jalur pendaftaran disiapkan untuk zonasi 10 persen, jalur afirmasi 20 persen, jalur perpindahan orangtua atau wali 5 persen serta jalur prestasi 65 persen.

"Persentase ini berbeda dengan SMA, karena jumlah sekolah kejuruan tidak banyak atau tidak tersedia di setiap kecamatan seperti SMA," ujarnya. 

Baca Juga: Gubernur Edy Tak Mau Gegabah Berlakukan Sekolah Tatap Muka di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya