Cerita Desi Pohan, Ikhlas Batal ke Tanah Suci Tahun Ini

Banyak yang sedih lantaran batal berangkat haji

Medan, IDN Times - Pembatalan keberangkatan haji tahun ini membuat jemaah haji kecewa dan sedih. Seperti yang dirasakan Ramdeswati Pohan, calon jemaah haji 2020 asal Sumatera Utara.

Ia mengaku sedih lantaran tak bisa berangkat haji tahun ini padahal segala persiapan sudah dilaksanakan. Seperti apa kisah Desi?

1. Ramdeswati Pohan, seorang jemaah asal Kabupaten Batubara mengaku sedih batal ke Tanah Suci tahun ini

Cerita Desi Pohan, Ikhlas Batal ke Tanah Suci Tahun IniDok.Pribadi/IDN Times

Kementerian Agama resmi mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2020, Selasa (2/6). Pembatalan keberangkatan ini akibat virus COVID-19 yang belum usai. Semula, rencana keberangkatan para jemaah haji akan dilakukan pada 26 Juni 2020.

Ramdeswati Pohan, seorang jemaah asal Kabupaten Batubara mengaku sedih batal ke Tanah Suci tahun ini. 

"Saya mendaftar tahun 2012 Bisa dibilang persiapan sudah 90 persen. Manasik haji sudah dilakukan, tapi untuk manasik gabungan yang terakhir belum. Dua bulan lalu saya sudah melakukan pelunasan," ujarnya kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tertunda Naik Haji, Eni: Ya Allah Jangan Cabut Dulu Nyawa Saya

2. Ramdeswati akan berangkat bersama empat anggota keluarganya

Cerita Desi Pohan, Ikhlas Batal ke Tanah Suci Tahun IniDok.Pribadi/IDN Times

Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara ini juga mengatakan tahun ini ia akan berangkat bersama empat anggota keluarganya. Tentu, batal berangkat haji tahun ini membuat mereka sedih.

"Banyak yang sedih lantaran batal berangkat haji. Saya berangkat bersama dua ipar dan dua abang kandung jadi berlima dengan saya. Semua pasti sedih lah," tuturnya.

"Mulai Januari kita sudah melakukan persiapan. Karena dapat kabar kita itu berangkat, dapat porsi. Mulailah dikumpulkan, kita benar-benar sudah belanja untuk pakaiannya. Setiap minggu kita manasik di Indrapura, Kecamatan Air Putih dengan 50 jemaah," katanya.

3. Ramdeswati: Dapat informasi begini, saya sudah ikhlas tidak berangkat

Cerita Desi Pohan, Ikhlas Batal ke Tanah Suci Tahun IniDok.Pribadi/IDN Times

Dengan batalnya keberangkatan haji tahun ini, ia berharap ke depannya pemerintah dapat mengambil langkah tepat dalam menentukan kebijakan. Menurutnya, pemerintah dinilai tidak serius dengan berubahnya kebijakan tiap bulannya.

"Kita berharap adanya ketegasan dari sebuah kebijakan. Jangan kebijakan tarik ulur. Berapa kali saya dengar, ada beberapa kebijakan. Dua bulan lalu kita ada kewajiban melunasi Rp6 juta sekian. Dapat informasi begini, saya sudah ikhlas tidak berangkat," pungkasnya.

Baca Juga: Dapat Hidayah 2012, Tukang Bubur Ini  Ikhlas Batal Naik Haji 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya