BG Creative, Fokus Promosikan Art Video Seribu Mimpi Siboru Pareme

Ada juga program talkshow ruang tamu

Medan, IDN Times - BG creative space salah satu ruang kreatif yang berada di Kota Medan. Berdiri sejak 2020, ruang ini bergerak di bidang sastra, film, tari dan seni. Ruang ini digagas oleh sejumlah anak muda yang memiliki latar belakang berbeda.

Mereka adalah Adie Arul, Dian B Manik, Heri Setiawan, Khairani, Lorencia Adella, Marina Novianty Tampubolon, Rudi Syarif, Sagitarius Marbun, Thomas Kliten Sembiring dan Yudha Yudhiesta.

Adie anggota BG creative menyampaikan ruang ini bertujuan untuk menciptakan, membangun dan memperjuangkan ruang kreatif di Kota Medan. "Ruang-ruang yang bisa dikatakan hilang di Kota Medan," tuturnya kepada IDN Times, Senin (10/5/2021).

1. Ruang kreatif ini telah menciptakan sebuah karya original berupa video art monolog “Seribu Mimpi Siboru Pareme"

BG Creative, Fokus Promosikan Art Video Seribu Mimpi Siboru ParemeInstagram.com/Bgcreativespace

Ia menyampaikan ruang kreatif ini telah menciptakan sebuah karya original berupa video art monolog “Seribu Mimpi Siboru Pareme”. Kini mereka fokus promosikan karyanya lewat sosial media maupun acara seni secara langsung.

Baca Juga: [BREAKING] Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal di Pekanbaru

2. Siboru Pareme bisa dikatakan sebagai salah satu tokoh mitologi Batak

BG Creative, Fokus Promosikan Art Video Seribu Mimpi Siboru ParemeIDN Times/Masdalena Napitupulu

Kata Adie, pembuatan video seni ini, ingin mengangkat kembali nilai-nilai kebudayaan dalam sebuah karya tulis ataupun karya visual. Yang di mana, Siboru Pareme merupakan perempuan yang kuat bercerita tentang kesakitan yang ia terima.

Hal itu yang menjadikanya lebih kuat untuk bertahan hidup dengan menjaga dan merawat anaknya, dengan harapan baiknya pada anak laki-laki itu," ucap Adie. 

Siboru Pareme bisa dikatakan sebagai salah satu tokoh mitologi Batak yang memiliki peran penting dalam perkembangan dan penyebaran bangso Batak. "Video tersebut bisa ditonton publik dan dinikmakti bersama di akun official youtube BG creative space," ujarnya. 

3. Ruang kreatif ini juga mempunyai program Talkshow Ruang Tamu

BG Creative, Fokus Promosikan Art Video Seribu Mimpi Siboru Paremepexels.com/@kaboompics

Selain menciptakan karya original monolog, ruang kreatif ini juga mempunyai program Talkshow Ruang Tamu, di mana program ini akan berbincang tanpa batasan ide dan materi dari sejumlah pelaku seni, bisnis dan masyarakat umum. Talkshow Ruang Tamu ini pertama dibuat dalam rangka peringatan Hari Puisi Nasional 2021. "Masih banyak lainnya, nanti akan ada sitkom dan musikalisasi puisi," ucap Adie.

4. Di awal tahun 2021, ruang kreatif ini telah membuka kesempat untuk bisa berkolaborasi dengan beberapa pelaku seni di Medan

BG Creative, Fokus Promosikan Art Video Seribu Mimpi Siboru ParemeIDN Times/Masdalena Napitupulu

Di awal tahun 2021, ruang kreatif ini telah membuka kesempat untuk bisa berkolaborasi dengan beberapa pelaku seni di Medan, sebagai contoh ada pertunjukan raon teater Ramadan yang langsung diisi oleh Agus Susilo. "Setelah menyelesaikan pertunjukkan dari Agus Susilo, BG creative space akan bekerjasama dengan pelaku teater yang ada di Medan," ujar Adie.

Adie memperkenalkan tim produksi Video Art Seribu Mimpi Siboru Pareme, ada Adie Arul sebagai producer, Sagitarius Marbun menjadi line producer, Khairani berkesempatan menjadi unit manager, Dian B. Manik sebagai director,  Thomas Kliten menjadi asisten kamera, Yudha Yudhiesta sebagai lightingman, Heri Setiawan menjadi art director, Marina Novianty Tampubolon memerankan monolog, Adela Putri menjadi penari dan Rudi Syarif sebagai puisikalisasi. 

Baca Juga: Ustaz Somad Menikah Lagi, 10 Potret Mellya Juniarti Mantan Istrinya 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya