Kembar Siam di Batubara Sulit Dapat ASI, Orangtua Cari dari Facebook

Selain ASI, bayi kembar ini juga butuh tisu dan pampers

Medan, IDN Times- Orangtua bayi kembar siam asal Batubara Hasan dan Husin yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP-HAM) masih kesulitan mencari pendonor untuk Air Susu Ibu (ASI) kedua buah hatinya. Sang ayah, Heri Wahyudi (30) mengaku dirinya juga kesulitas menjemput ASI yang jauh dari lokasi rumah sakit, meskipun ada yang mendonorkan.

"Kemarin saya cari sendiri melalui Facebook. Jadi ada yang donor saya ambil," ungkap Heri kepada wartawan, Selasa (14/3/2023).

1. Bayi kembar ini kesulitan dapat pendonor ASI

Kembar Siam di Batubara Sulit Dapat ASI, Orangtua Cari dari Facebookfreepik.com/monthirayo

Hery mengatakan hingga saat ini belum ada pendonor yang tergerak hatinya untuk datang memberikan ASI nya ke rumah sakit. Padahal, jika harus menjemput ASI, ia harus mengeluarkan biaya untuk transportasi.

"Sementara tidak memiliki banyak biaya, mengingat telah tiga bulan di RSUPHAM sejak istri dirawat hingga melahirkan. Stok ASI di rumah sakit memang masih ada, tapi ini masih harus dicari," jelasnya.

Selain kekurangan ASI, kedua anaknya juga membutuhkan bantuan tisu dan pampers. Karena untuk makan ia sehari-hari di rumah sakit, Heri mengaku sudah mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial.

Baca Juga: Mahasiswa Demo Polres Binjai, Desak Lokalisasi Judi Ditutup

2. Saat ini, bayi kembar masih bergantung dengan alat bantu napas

Kembar Siam di Batubara Sulit Dapat ASI, Orangtua Cari dari Facebookilustrasi bayi (pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Hery mejelaskan, untuk kondisi kedua bayinya, hingga kini masih tetap harus bergantung dengan alat bantu napas 100 persen karena kondisinya belum stabil, sejak lahir sekitar sebulan yang lalu. Begitu juga, untuk rencana pemisahan, belum ada kepastian dari tim dokter kapan akan dilakukan.

"Sejauh ini pembahasan tentang pemisahan belum ada. Karena dia harus distabilkan dulu, apalagi lahir kurang bulan, sudah gitu ada masalah di jantung dan paru," ujarnya.

"Harapan saya, anak saya dapat lekas sehat agar saya bisa balik bekerja lagi. Karena nggak mungkin mengharapkan bantuan orang saja," pungkasnya.

3. Bayi kembar ini tidak cocok diberikan susu formula

Kembar Siam di Batubara Sulit Dapat ASI, Orangtua Cari dari Facebookilustrasi ASI perah (babycentre.co.uk)

Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak menyampaikan bahwa permasalah bayi tersebut adalah tidak cocok diberikan susu formula.

"Jadi hal ini cukup mendesak, semoga ada yang bisa mendonorkan ASI-nya untuk bayi kembar siam ini," katanya.

Ia menyebutkan, jika masalah ASI pada bayi kembar siam dempet dada hingga perut tersebut saat ini memang sehari-harinya masih harus dipenuhi oleh ayahnya dengan mencari pendonor. 

Baca Juga: Harimau Surya Manggala, Riwayatmu Kini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya