46 Derajat Celcius di Makkah, Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji Medan 

Medan sudah berangkatkan empat kloter

Medan, IDN Times- Sebanyak 391 calon jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 4 Embarkasi Medan berangkat ke Madinah, Arab Saudi, Selasa (14/6/2022) malam.

Dalam pelepasan ratusan jemaah asal Kota Medan ini berlangsung di Gedung Madinatul Hujaj, Asrama Haji Embarkasi Medan itu, Tenaga Ahli Menteri Agama (Menag) bidang Administrasi, Hasan Basri Sagala, menyampaikan pesan dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas kepada calon jemaah haji embarkasi Medan. 

"Saya menyampaikan salam dari Menteri Agama kepada bapak dan ibu sekalian. Menag juga berpesan agar jemaah haji kita dapat menjaga nama baik bangsa, negara dan pemimpin," ujarnya.

1. Mengajak para calon jemaah haji untuk menjaga perilaku

46 Derajat Celcius di Makkah, Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji Medan Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Hasan mengajak para calon jemaah haji untuk menjaga perilaku sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) selama menjalankan ibaadah di tanah suci. "Mari jaga prilaku kita sebagai warga Indonesia selama menjalankan ibadah haji. Karena umat muslim seluruh dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci," ucapnya.

Baca Juga: Kloter 1 Jemaah Haji Aceh Berangkat Dini Hari, Dibekali Rp4,5 Juta

2. Saat ini cuaca berkisar 46 derajat celsius di Arab Saudi

46 Derajat Celcius di Makkah, Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji Medan Jembatan Jemarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Hasan juga menyampaikan saat ini cuaca berkisar 46 derajat celsius di Arab Saudi. Untuk itu, ia mengimbau kepada jemaah untuk tetap menjaga kondisi kesehatan selama menjalani ibadah. 

"Bapak dan ibu tidak perlu buru-buru untuk melakukan umrah dan sebagainya. Dikhawatirkan rukun wajib haji akan terlupakan akibat kelelahan. Semoga Bapak dan Ibu pergi dan pulang ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat agar diterima amal ibadahnya dan menjadi haji mabrur," katanya. 

3. Ingatkan untuk meluruskan niat dalam melaksanakan ibadah haji

46 Derajat Celcius di Makkah, Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji Medan Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Hasan juga mengingatkan para calon jemaah haji harus meluruskan niat dalam melaksanakan ibadah haji, yakni mengejar keridaan Allah SWT. Sebab, seluruh amal ibadah sangat bergantung pada niat. 

"Karena itu sebelum berangkat ke Tanah Suci, saya mengajak kepada kita semua untuk meluruskan niat. Mudah-mudahan dengan niat kita ini cuaca yang begitu panas bisa menjadi sejuk dan lancar dalam menjalani ibadah haji. Kami doakan seluruh jemaah dapat kembali ke tanah air dengan sehat walafiat dan mendapat haji yang mabrur," ucapnya. 

4. Sebanyak 3.842 jemaah dan petugas yang diberangkatkan dari asrama haji Embarkasi Medan terbagi dalam sepuluh kloter

46 Derajat Celcius di Makkah, Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji Medan Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Sumatra Utara, Abdul Amri Siregar, mengatakan 3.842 jemaah dan petugas asal Sumatra Utara diberangkatkan ke tanah suci dalam penyelengaraan ibadah haji 1443 H/2022 Masehi ini. 

"Sebanyak 3.842 jemaah dan petugas yang diberangkatkan dari asrama haji Embarkasi Medan terbagi dalam sepuluh kloter. Kloter pertama sebanyak 391 calon jemaah haji sudah berangkat pada 11 Juni 2022, dilanjutkan dengan kloter dua dan tiga menggunakan maskapai Garuda menuju tanah suci," sebut Abdul Amri.

Baca Juga: Calon Jemaah Haji Binjai Dibekali Pecal dan Gula Merah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya