3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha di Medan ala Sandiaga Uno

Sandi kenang pernah terpuruk pada tahun 1997

Medan, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam sesi creative talk show #2 pada acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021, di Deli Park Mall Medan, Senin (8/11).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga berbagi motivasi kepada pekerja kreatif di Kota Medan. Ia bercerita pernah terpuruk pada tahun 1997. Dengan membawakan tema "Beda Dulu, Beda Sekarang. Ini Jalan Ninja Ubah Nasib", Sandi ditemani Mak Beti selaku content creator asal Medan.

“Saya pernah di-PHK. Saat itu tahun 1997, di saat dunia memang sedang dilanda krisis sama seperti saat ini. Saya bekerja di sebuah perusahaan di luar negeri, terpaksa harus kembali ke Indonesia. Namun berkat usaha dan kerja keras akhirnya dapat berkontribusi seperti sekarang ini," kenang Sandi. 

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga menyampaikan 3 kunci sukses menjadi pengusaha. Ada apa saja? 

1. Tiga kunci itu adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi

3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha di Medan ala Sandiaga UnoIDN Times/Masdalena Napitupulu

Menurut Sandi, tiga kunci itu adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. "Jangan berhenti berinovasi karena teknologi terus berkembang," ujarnya.

Sandiaga mencontohkan perusahaan teknologi zaman dulu dan kini. Katanya, ada sejumlah teknologi yang bertahan hingga kini karena mampu beradaptasi. Namun bagi yang tidak mampu beradaptasi, akan hilang ditelan zaman. 

3. Jika sudah menerapkan ketiga hal di atas, perlu untuk menambah etos kerja

3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha di Medan ala Sandiaga UnoIDN Times/Masdalena Napitupulu

Kemudian, Sandi menyebutkan usaha yang maju di tengah pandemik COVID-19 adalah yang mampu beradaptasi. Selain itu, penting juga untuk kolaborasi. "Pandemik COVID-19 ini juga mengajarkan kita untuk mengedepankan kolaborasi," tambahnya.

Sandi juga menambahkan, jika sudah menerapkan ketiga hal di atas, perlu untuk menambah etos kerja. Karena hal tersebut penting untuk diterapkan jika ingin sukses menjadi pengusaha.

3. Usai mengisi sesi, Sandiaga didampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau tenant-tenant pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha di Medan ala Sandiaga UnoIDN Times/Masdalena Napitupulu

Usai mengisi sesi, Sandiaga didampingi Wali Kota Medan, Bobby Nasution meninjau tenant-tenant pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021. Program AKI 2021 ini merupakan bentuk apresiasi dan pengembangan usaha dari Kemenparekraf untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

AKI 2021 diselenggarakan di 16 kota dan kabupaten di Indonesia, satu di antaranya adalah Kota Medan. Sebanyak 4251 UMKM yang mendaftarkan diri di AKI 2021.

Namun setelah mengikuti proses kurasi oleh kurator kurator terbaik Indonesia yang memiliki kriteria AKI di setiap kota, terdapat 422 peserta yang terpilih untuk mewakili 16 kota di Indonesia pada AKI 2021.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya