Comscore Tracker

Mengenang Minarni Soedarjanto, Wanita Pertama Tembus Final All England

Pebulutangkis era 60-an ini dijadikan Google Doodle

Jakarta, IDN Times - Ada yang berbeda pada laman pencarian Google Jumat (10/5). Terlihat gambar pebulutangkis wanita di Google Doodle. Dia adalah Minarni Soedarjanto, pebulutangkis wanita yang lebih dulu berjaya sebelum eranya Susi Susanti. 

Minari lahir di Pasuruan, Jawa Timur pada 10 Mei 1944. Prestasinya membuat Google menjadikan hari lahirnya sebagai Google Doodle.

1. Minarni sebagai pebulu tangkis wanita pertama yang masuk final All England

Mengenang Minarni Soedarjanto, Wanita Pertama Tembus Final All EnglandInstagram/radar_sukabumi

Pada All England 1968, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang mengirimkan Minarni Soedaryanto sebagai salah satu pesertanya, berhasil mencatat prestasi yang gemilang. Dalam pertandingan tersebut, Minarni meraih medali perak tunggal putri dan menjadi juara dalam babak ganda putri dengan Retno Koestijah.

Dia menjadi pemain bulu tangkis putri Indonesia pertama yang bisa mencapai babak final kejuaran All England dan mendapat medali.

Baca Juga: The Minions ke Final BAC 2019, Tapi Sempat Diprotes Wakil Jepang

2. Ditakuti lawan Internasional

Mengenang Minarni Soedarjanto, Wanita Pertama Tembus Final All EnglandInstagram/satoenoesa

Minarni menjadi pemain Pelatnas sejak usia 15 tahun. Namun, dia sudah terjun ke dunia bulu tangkis pada usia 13 tahun. Selama kariernya, sederet prestasi tinggi telah diukir olehnya mulai dari All England, Malaysia Terbuka, Amerika Serikat Terbuka, Kanada Terbuka, Asian Games, dan Piala Uber.

Dia menjadi atlet kejayaan Indonesia yang ditakuti lawan internasional jauh sebelum era Susi Susanti, Mia Audina Tjiptawan, dan Liliyana Natsir.

3. Menjadi pelatih sejak gantung raket

Mengenang Minarni Soedarjanto, Wanita Pertama Tembus Final All EnglandIDN Times/Margith Juita Damanik

Minarni yang telah memperkuat Tim Uber Indonesia sebanyak lima kali (1960, 1966, 1969, dan 1975), memilih berkarier sebagai pelatih bulu tangkis di Pelatnas. Selain itu, dia juga aktif dalam organisasi PB PBSI.

4. Meninggal di usia 59 Tahun

Mengenang Minarni Soedarjanto, Wanita Pertama Tembus Final All EnglandIDN Times/Panji Galih Aksoro

Minarni Soedarjanto sempat didiagnosis mengalami komplikasi radang paru-paru dan lever. Dia dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Tepat pada 14 Mei 2003, Minarni menghembuskan napas terakhirnya pada usia 59 tahun.

Baca Juga: YES! The Minions Berhasil Melaju ke Final Indonesia Masters 2019

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya