Warung Medan Peduli, Silakan Ambil Makanan Gratis Bagi yang Lapar

Lebih dari 83.231 porsi makanan dengan dana Rp700 juta

Medan, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang sudah berlangsung setahun memberikan dampak di segala sisi kehidupan. Tak hanya kesehatan, tetapi juga berdampak pada sosial, ekonomi, dan lainnya.

Meskipun, Pemerintah sudah berupaya untuk menangani pandemik dengan sejumlah program baik yang menyangkut kesehatan maupun program lainnya seperti ekonomi, sosial dan lainnya. Di tengah kesulitan warga muncul sejumlah gerakan sosial, untuk membantu sesama.

Kepedulian itu dilakukan baik individu muaupun kelompok. Mereka memberikan bantuan baik makanan siap santap, bahan mentah hingga vitamin dan obat-obatan. Namun, tak menutup rasa kepedulian sesama untuk membantu ditengah pandemik COVID-19.

Seperti yang dilakukan oleh Warung Medan Peduli (WMP) di Kota Medan sampai saat ini.

1. WMP ingin bangkitkan UMKM dampak dari PPKM diperketat, bagikan makanan dari warung ke masyarakat

Warung Medan Peduli, Silakan Ambil Makanan Gratis Bagi yang LaparWarung Medan Peduli (WMP) lakukan aksi sosial (Dok. Istimewa)

WMP  dengan latar belakang rasa kepedulian ditengah pandemik COVID-19, ditambah adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperketat.

Mereka melakukan aksi sosial ini dengan membagikan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan dari warung makanan yang dibeli mereka, karena melihat dan merasakan paling terdampak, adalah pedagang-pedagang kecil yang hanya bergantung kepada penjualanannya saja.

"Hari itu ada jualan, maka hari itu ada makan. Maka kami memikirkan bagaimana caranya membantu mereka," ucap Hui Nie dari pihak WMP yang saat ini sudah ada di 1.818 titik membantu warung Kota Medan.

Namun, untuk isoman saat ini belum diberlakukan aksi sosial tersebut. Mengingat akan fokus dulu kepada warung yang terdampak PPKM.

Baca Juga: Cerita Pasien Isoman di Medan, Banyak Dibantu Sahabat Sendiri

2. Donasi didapat dari relawan dengan membuka donasi dompet untuk beli makanan di warung

Warung Medan Peduli, Silakan Ambil Makanan Gratis Bagi yang LaparWarung Medan Peduli (WMP) lakukan aksi sosial (Dok. Istimewa)

Saat ini programnya yaitu, membeli makanan dan minuman dari warung-warung dan Pedagang Kaki Lima (PKL). Lalu makanan tersebut dibagikan di depan warung kepada masyarakat sekitar dan yang melintas.

"Yang mana lapar dan membutuhkan. Ada sebagian team kami membawa makanan yg dibeli dari warung-warung keliling ke jalanan untuk dibagikan ke yang membutuhkan," jawabnya.

Sementara itu, untuk dana yang terkumpul membeli makanan dari warung tersebut berasal dari donasi atau swadaya masyarakat.

"Waktu itu kami membuka dompet donasi untuk tenaga relawan juga banyak sekali relawan yang membantu, sekitar 500 relawan, yg terdiri dari berbagai golongan dan usia," jelasnya.

3. Hui berharap semua pihak dapat bekerjasama membantu untuk bangkit semangat bersama

Warung Medan Peduli, Silakan Ambil Makanan Gratis Bagi yang LaparWarung Medan Peduli (WMP) lakukan aksi sosial (Dok. Istimewa)

Dari data yang ada, sudah 1.818 warung dan pedagang kaki lima yang telah dikunjungi dengan program ini. "Lebih kurang 83.231 porsi makanan dengan total dana yg dikeluarkan hingga saat ini sebesar lebih kurang Rp700 juta," terangnya.

Hui berharap semua pihak dapat bekerjasama membantu untuk bangkit semangat bersama.

"Seperti semangat bangsa kita, kita ingin semua bisa gotong royong membantu dan bergandengan tangan melewati masa masa sulit seperti ini, yang mampu bantu yang kurang mampu. Bahkan, yang kurang mampu juga bisa membantu dengan memberikan bantuan tenaga. Semoga gerakan ini bisa sedikit membantu saudara-saudara kita yang sedang kesulitan. Semoga WMP bisa menginspirasi saudara-saudara yang lain untuk saling membantu," ucapnya.

"Mari kita sama-sama saling menguatkan, saling bergandengan tangan tanpa melihat perbedaan, Mari kita bangkit bersama menghadapi semua rintangan & halangan. Terima kasih warga Medan telah menjadi orang baik. Medan Pasti Bisa," ucapnya.

Baca Juga: PPKM Level 4 Lanjut, Komunitas Satu Hati Bantu Warga Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya