Viral Pelempar Batu dari Gedung DPRD Medan, Kapolda: Bukan Polisi

Identitas pelaku belum diungkap

Medan, IDN Times - Sebuah video viral saat demo tolak Omnibus Law di Medan, Kamis (8/10/2020). Dua orang pria terekam melempar batu dari atas gedung DPRD Medan. Sempat muncul dugaan keduanya dari kalangan polisi.

Namun dua pria itu akhirnya ditangkap. Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin memastikan jika pelaku tersebut bukan dari kalangan polisi.

“Saya tegaskan bahwa pelaku pelemparan di kantor DPRD kota Medan bukan polisi. Sudah ditangkap. Sekarang oknum yang melakukan pelemparan sedang diperiksa di Polrestabes Medan,” ucap Martuani, Sabtu, (10/10/2020).

1. Kapolda Sumut pastikan identitas oknum pelemparan batu dari atas gedung DPRD Medan bukan polisi

Viral Pelempar Batu dari Gedung DPRD Medan, Kapolda: Bukan PolisiKapolda Sumut Irjen Martuani Sormin. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Namun, Martuani tak menyebutkan identitas dua oknum pria tersebut dan memastikan oknum bukan merupakan aparat kepolisian.

“Dua orang. Nanti kita setelah ada alat buktinya kita akan rilis. Tapi sementara sudah diperiksa oleh Polrestabes Medan,” tutur Martuani.

Sementara, dirinya mengatakan para oknum tersebut hanya merupakan sebagian kecil dari kegiatan.

“Dia hanya sebagian kecil saja, untuk dalangnya kita tidak bisa identifikasi dia, belum ada kaitannya dengan kelompok yang mendesain kegiatan ini,” jelasnya.

Baca Juga: 24 Tersangka Ricuh DPRD Sumut Dijerat Pasal Berlapis, 195 Dipulangkan

2. Sebanyak 27 tersangka ditetapkan Polda Sumut, 3 di antaranya positif narkoba

Viral Pelempar Batu dari Gedung DPRD Medan, Kapolda: Bukan Polisi

Selain itu, dari kejadian aksi massa yang dilakukan selama 2 hari yakni adanya pelemparan batu dari atas gedung DPRD Medan dan pembakaran mobil Dinas kini telah diamankan pihak kepolisian.

Masih dalam penjelasan Martuani, pihak kepolisian telah menetapkan 27 pendemo sebagai tersangka dari ratusan orang yang ditangkap sebelumnya. 2 orang merupakan pelaku pembakaran mobil Dinas Polri dan 2 pelaku pelemparan yang diduga oknum keamanan kantor DPRD Medan, serta 2 pemilik bom molotov dan 1 kepemilikan senjata tajam. Sementara sisanya pelaku pelemparan terhadap petugas kepolisian.

3. Saat ini, personil Polri alami luka serius ada 6 orang yang masih dalam perawatan

Viral Pelempar Batu dari Gedung DPRD Medan, Kapolda: Bukan PolisiKapolda Sumut Irjen Martuani Sormin menjenguk anak buahnya yang menjadi korban penganiayaan di tempat hiburan malam. (dok Polda Sumut)

Martuani mengatakan, dalam peristiwa kerusuhan pascademo anarkis menolak UU Cipta Kerja di Medan, puluhan personil mengalami luka akibat lemparan batu yang dilakukan pengunjuk rasa.

Hingga saat ini, 6 personil Polri mengalami luka serius yang masih dalam perawatan di RS Bhayangkara Medan.

Baca Juga: Polisi Tangkap 306 Orang Sebelum Demo di Medan, Ada Sajam dan Molotov

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya