Universitas Mercu Buana Tingkatkan Keterampilan Guru di Taput

Ada 20 SMP Negeri diberi bimbingan untuk melek digital

Medan, IDN Times - Teknologi informasi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini tentu saja memberikan dampak terhadap berbagai sendi kehidupan manusia. Dampak yang bisa dirasakan salah satunya adalah dapat memudahkan untuk belajar dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.

Seperti yang diketahui bahwa, teknologi merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi di dunia pendidikan.

Namun di sisi lain, sebagian besar guru masih kesulitan menggunakan teknologi informasi serta pengaplikasiannya guna menunjang proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan pemahaman guru terkait teknologi informasi ini masih terbatas. 

Berdasarkan permasalahan di atas, maka diperlukan bekal mengenai penggunaan teknologi informasi dan internet bagi guru dengan mengadakan pelatihan. Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan agar keterampilan guru dalam menggunakan teknologi informasi dan internet dapat ditingkatkan. Sehingga hal ini bisa mendukung kegiatan belajar mengajar yang lebih baik.

1. Melalui Kuliah Peduli Negeri tingkatkan keterampilan guru-guru SMP Negeri di Taput

Universitas Mercu Buana Tingkatkan Keterampilan Guru di TaputNetty Berliana, mahasiswa Universitas Mercu Buana (Dok. Pribadi)

Netty Berliana merupakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jakarta, sekaligus Ketua Kelompok Kegiatan (kelompok 1) menggelar Kuliah Peduli Negeri secara daring, pada Jumat (4/11/2022).

Kuliah Peduli Negeri yang bertema Pelatihan Informasi dan Internet dalam meningkatkan keterampilan guru-guru SMP Negeri di Tapanuli Utara ini bertujuan untuk menstimulus guru-guru agar bisa melek digital.

Pelatihan ini membahas mengenai seberapa pentingnya penggunaan Teknologi Informasi dan Internet dalam meningkatkan keterampilan guru guru yang mengajar di SMP negeri tersebut. Diharapkan pelatihan ini bermanfaat untuk guru-gurun SMP Negeri.

2. Sebanyak 20 SMP Negeri di Taput diberi kesadaran untuk melek digital

Universitas Mercu Buana Tingkatkan Keterampilan Guru di TaputSofyan Sauri, mahasiswa Universitas Mercu Buana (Dok. Pribadi)

Adapun guru-guru SMP Negeri di Tapanuli Utara yang ikut serta sebagai peserta yakni SMPN 1 Tarutung, SMPN 4 Tarutung, SMPN 5 Sipahutar, SMPN 2 Sipahutar, SMPN 4 Pahae Julu, SMPN 2 Pahae Jae, SMPN 6 Pangaribuan, SMPN 3 Pangaribuan,SMPN 5 Garoga, SMPN 2 Adian Koting.

Kemudian, SMPN 3 Sipoholon, SMPN 1 Siatas Barita, SMPN 1 Parmonangan, SMPN 2 Garoga, SMPN 3 Pagaran, SMPN 2 SBB, SMPN 4 SBB, SMPN 1 Simangumban, SMPN 1 Purbatua dan SMPN 1 Muara.

Para guru tersebut diberi kesadaran akan pentingnya dunia digital dan harus melek terhadap teknologi informasi dan internet.

3. Diharapkan pelatihan ini dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar

Universitas Mercu Buana Tingkatkan Keterampilan Guru di TaputPelatihan informasi dan internet untuk guru-guru SMP Negeri di Taput (Dok. Pribadi)

Salah satu materi yang dibawakan oleh Sofwan Syauri yang juga merupakan mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta, meminta guru-guru untuk mendoan liar aplikasi guna memudahkan mengajar siswa secara online.

Dengan begitu, diharapkan pelatihan ini bisa digunakan untuk membantu proses belajar mengajar dan siswa bisa berperan aktif dalam menggunakan teknologi.

Turut hadir secara daring dengan zoom yakni, Dr. Farid Hamid, M.Si selaku Ketua Program Study Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jakarta, Dr. Elly Yuliawati, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana, Jakarta, Eka Perwitasari Fauzi , S.Sos.MA selaku Ketua Bidang study ADVERTISING DAN MARKETING KOMUKASI, Universitas Mercubuana, Jakarta, Suryaning Hayati, SE, MM selaku Ketua Bidang Studi Public Relation Universitas Mercu Buana, Jakarta, Yuliawati , S.Sos, M.Ikom selaku Dosen Mata Kuliah Peduli Negeri, Universitas Mercu Buana, Jakarta, Pimpinan Telkom Property Area 1 Sumatera Rolan Erick Marasal Panjaitan, DR. Ericson Sianipar selaku Pimpinan  Yayasan Bisukma, para narasumber Sofyan Sauri, Oktalia Winda Dewi, dan guru dari 20 SMP Negeri di Tapanuli Utara selaku peserta.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya