Tes Swab Gratis, BTKLPP Targetkan 100 Orang di Sumut per Hari

Hari ini tes di GBKP Medan, besok di Masjid Al Jihad

Medan, IDN Times - Kementerian Kesehatan dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas 1 Medan, menggelar tes swab di GBKP KM 4 kota Medan, Jalan Jamin Ginting, Senin (8/6). Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai COVID-19 kota Medan, yang merupakan salah satu zona merah pada data Gugus Tugas.

Kepala BTKLPP, Rosmita Ginting menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bekerjasama di bawah naungan Gugus Tugas Sumut dan akan merencanakan kegiatan untuk seterusnya.

“Langsung ke PCR, kita pengen cepat memutus mata rantaiCOVID-19 ini. Tujuan kita untuk Sumut bebas dari corona, seluruh masyarakat kalau memungkinkan kita lakukan,” ungkap Rosmita.

1. Targetkan 1 hari 100 orang tes swab di Sumut

Tes Swab Gratis, BTKLPP Targetkan 100 Orang di Sumut per HariTes COVID-19 untuk jemaat GBKP (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kegiatan sebelumnya dilakukan rapid test, dan saat ini pengecekan melalui tes swab untuk hasil yang lebih akurat.

“Awalnya kita memulai dari rapid test, dan bila mana ada reaktif langsung kita PCR, kita akan berpindah perencanaan besok akan di Masjid Al-Jihad, dan yang mau bisa beri surat ke kita untuk lakukan swab,” jelasnya.

Rosmita menjelaskan bahwa, target yang dilakukan untuk seluruh masyarakat di Sumut dan dilakukan dalam satu hari 100 orang.

“Saat ini kita menargetkan untuk seluruh Sumut swab screening dan diharapkan semua hasil negatif. Kita juga bersama FK USU. Semua masyarakat kita harapkan bisa berkontribusi untuk mereka, dan kita siapkan untuk sukarelawan semua gratis,” tutur Rosmita.

Baca Juga: Dinkes Medan Akan Gelar Rapid Test Massal untuk Warga Medan

2. Rosmita: berharap semua hasil negatif

Tes Swab Gratis, BTKLPP Targetkan 100 Orang di Sumut per HariTes swab di GBKP Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Rosmita berharap hasil dari pemeriksaan tes swab ini negatif, dan jika ada yang positif maka akan diserahkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumut.

“Bila mana kita mendapatkan yang positif, akan diarahkan ke Dinas Provinsi Sumut. Kita juga gak main ambil gitu aja, kita akan telpon dan edukasi berikan yang terbaik untuk pengobatan. Bila bersedia kita letakkan di rumah sakit, secara protokol harus dirawat di rumah sakit,” katanya.

3. Kali pertama GBKP lakukan pengecekan COVID-19 untuk jemaat

Tes Swab Gratis, BTKLPP Targetkan 100 Orang di Sumut per HariTes COVID-19 untuk jemaat GBKP (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurut Pendeta GBKP KM 4 Medan, Kalvinsius Jawak mengatakan bahwa ini merupakan hari perdana untuk GBKP KM 4 kota Medan lakukan pengecekan COVID-19 untuk para jemaat dan warga sekitar.

“Kegiatan yang dilakukan ini merupakan pelayanan cek swab test kepada anggota jemaat dan juga masyarakat sekitar, untuk saat ini yang sudah mendaftar sekitar 100 orang. Jadi kami mengucapkan terimakasih kepada pihak kementrian kesehatan yang merespon untuk pelayanan ini. Yang dilakukan bukan rapid test tapi langsung swab test. Jadi, hasilnya lebih akurat lagi, dan kita harapkan semua yang di tes hasilnya negatif,” ungkap Kalvin.

Selanjutnya, pada esok hari BTKLPP Medan akan melakukan tes swab di Masjid Al-jihad.

Baca Juga: 2 Hari, Satpol PP Medan Gelar Rapid Test untuk 650 Anggotanya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya