Sultan Deli Ingin Istana Maimun Jadi Tempat Diskusi Millennial

Istana Maimun jangan hanya sekadar jadi spot foto

Medan, IDN Times - Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah, atau cukup disingkat Tuanku Aji adalah Sultan Deli ke-14 yang naik tahta sejak 23 Juli 2005. Ia menjadi Sultan Deli termuda dalam sejarah, saat usia 8 tahun karena ayahnya Letnan Kolonel (Infantri) Tuanku Sultan Otteman III Mahmud Ma'amun Padrap Perkasa Alam Shah meninggal dalam kecelakaan pesawat di Lhokseumawe, Aceh.

Kini Sultan Deli sudah berusia 24 tahun. Kini dia berpikir kemegahan Istana Maimun tak cukup hanya dinikmati para pengunjung sebagai tempat berfoto doang. Namun, harus menjadi tempat para kaum millrnnial mempelajari budaya atau sejarah Kesultanan Deli.

1. Sultan Deli ingin jadikan Istana Maimun tempat belajar diskusi para kaum Millennial

Sultan Deli Ingin Istana Maimun Jadi Tempat Diskusi MillennialSultan Deli lakukan silaturahmi bersama GBPH Prabukusumo di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Dok. Pribadi Sultan Deli)

Seperti pengakuan Sultan Deli, ia ingin menjadikan Istana Maimun tempat belajar sejarah Kesultanan Deli serta berdiskusi terkait budaya dengan para kaumi mllennial.

"Dalam benak saya, saya ingin menjadikan Istana Maimun menjadi tempat millennial, di mana anak-anak muda dapat menikmati keindahan Istana Maimun dengan berfoto, berdiskusi budaya, dan mempelajari sejarah Kesultanan Deli di sana," jelas Sultan Deli kepada IDN Times melalui via telpon.

Memang saat ini rencana maupun agenda terdekat untuk Istana Maimun belum ada dikarenakan masih dalam masa pandemik COVID-19.

"Untuk yang terdekat belum ada dikarenakan masih ada COVID sehingga kami mengikuti arahan Pemerintah Provinsi Sumut," ucapnya.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Medan, 6 Makanan Khas Melayu Deli Ini Wajib Kamu Coba

2. Sultan Deli sedang lanjutkan pendidikan S2 di ITB

Sultan Deli Ingin Istana Maimun Jadi Tempat Diskusi MillennialSultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah, atau cukup disingkat Tuanku Aji adalah Sultan Deli ke-14 (Dok. Pribadi Sultan Deli)

Memang sejak diangkat menjadi sultan, Tuanku Aji masih bersekolah di sebuah SD di Subang, Jawa Barat. Ia pun melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Diponegoro, Semarang, dan saat ini, sedang melanjutkan perkuliahan di ITB.

Sementara itu, kehadiran Sultan Deli jarang terlihat di Istana Maimun. Sebab, saat ini Sultan Deli sedang giat-giatnya tengah kuliah pascasarjana, Jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Saat ini menghabiskan waktu bersama keluarga di Makassar, terutama nenek dan adik serta menjalankan perkuliahan online di Institut Teknologi Bandung," ujarnya.

3. Tahun ini Sultan Deli belum pulang kampung ke Tanah Deli

Sultan Deli Ingin Istana Maimun Jadi Tempat Diskusi MillennialSuasana saat sedang bersama teman di Semarang (Dok. Pribadi Sultan Deli)

Dirinya mengatakan bahwa, untuk tahun ini belum juga dapat pulang kampung ke Tanah Deli dikarenakan ingin menemani sang nenek dan adik di Makassar.

Kepemimpinan Kesultanan Deli masih dipegang sementara, oleh Tengku Hamdy Osman Deli Khan Alhaj bergelar Tengku Raja Muda Deli, yaitu sebagai Pemangku Kesultanan Deli. Namun, Tuanku Aji telah mulai terlibat dalam beberapa pertemuan seremonial dengan pejabat-pejabat negara.

Selain berkuliah, saat ini Sultan Deli juga melakukan silaturahim dengan keluarga, serta temannya di Makassar.

Baca Juga: Mengenal Stand Up Comedy Deli, Hadirkan Tawa di Tengah Pandemik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya