Setelah Diperiksa, RSUP Adam Malik Sebut 4 Pasien Negatif Virus Corona

Satu orang masih dalam pemantauan Dinkes Sumut

Medan, IDN Times - Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik bersama tim dokter Pinere (Penyakit Infeksi New Emerging) mengatakan sampai saat ini belum ada pasien positif virus Corona yang dirawat.  Hal itu disampaikan Ketua tim Pinere, Dr. Widi Rahardjo, SpP (K).

Sebelumnya ada 4 orang yang dirujuk dari Rumah Sakit dan klinik di Medan ke RSUP HAM karena diduga terinfeksi virus corona. Salah satunya pasien yang berasal dari daerah Padangsidimpuan. Namun, dalam pemeriksaan hasilnya membuktikan mereka negatif Corona.

Dari 4 orang pasien tersebut yang dirujuk ke rumah sakit RSUP HAM ini berasal dari berbagai rumah sakit daerah dan kota Medan, serta dari klinik kota Medan.

1. Dirujuk ke Adam Malik karena batuk

Setelah Diperiksa, RSUP Adam Malik Sebut 4 Pasien Negatif Virus Coronadr.Ade Rahmaini (kiri) dan Ketua tim Pinere, Dr. Widi Rahardjo (tengah) dalam konfrensi Pers di Gedung Administrasi RSUP. HAM (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu dr.Ade Rahmaini, salah seorang dari pihak tim Pinere menjelaskan bahwa rujukan ini dilakukan atas dasar pasien menderita batuk.

“Asalan dirujuk karena batuknya itu, tapi setelah pemeriksaan tidak ada virus corona sehingga kita pulangkan.” Ucapnya.

Baca Juga: Siaga Virus Corona, RSUP Haji Adam Malik Siapkan 11 Ruang Isolasi

2. Dari 4 orang pasien, 1 orang di antaranya dalam pemantauan Dinas Kesehatan Sumut

Setelah Diperiksa, RSUP Adam Malik Sebut 4 Pasien Negatif Virus Coronadr.Ade Rahmaini (kiri) dan Ketua tim Pinere, Dr. Widi Rahardjo (tengah) dalam konfrensi Pers di Gedung Administrasi RSUP. HAM (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain itu dr. Ade juga menjelaskan bahwa pasien yang dirujuk di RSUP HAM tersebut, satu orang diantar ke Dinkes Sumut dengan status pemantauan. Namun, berapa lamanya tidak disebutkan oleh tim Pinere RSUP HAM.

“Semuanya sudah kita pulangkan, dan satu orang yang dalam pemantauan itu kita lanjutkan ke Dinas Kesehatan Sumatera Utara, nanti hitung-hitungan dia berapa hari lagi pemantauan itu dari dinas," ucapnya.

3. Pasien yang dipulangkan dengan kondisi sehat. Sementara yang dalam pemantauan karena ada kontak dengan warga asing

Setelah Diperiksa, RSUP Adam Malik Sebut 4 Pasien Negatif Virus Coronadr.Ade Rahmaini (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pasien yang dirujuk ke RSUP HAM ini dalam kondisi sehat, sehingga pihak tim Pinere dipulangkan. “Untuk riwayat pasiennya itu sehat,” tambahnya.

Dalam penjelasannya satu orang dengan status pemantauan Dinkes tersebut karena adanya kontak erat dengan warga negara asing.

“Oh iya, ada kontak erat dengan warga negara asing. Tapi kita gak tahu warga negara asingnya itu terjangkit atau tidak, dari Singapura,” jelas dr. Ade.

Baca Juga: Antisipasi Corona, Samosir Siaga untuk Wisatawan yang Hadir

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya