Sering Pungli Masyarakat, Bobby Nasution Copot Lurah Sidorame Timur 

Bobby: Masyarakat sudah susah kok dimintai uang lagi

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mencopot jabatan lurah Sidorame Timur. Pencopotan ini dilakukan saat Bobby melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor lurah Sidorame Timur Kecamatan Medan Perjuangan, pada Jumat (23/4/2021) pagi.

Hal ini dikarenakan banyaknya laporan masyarakat, kepada lurah Sidorame Timur dan stafnya yang kerap meminta uang pengurusan atau pungutan liar (pungli).

1. Bobby: Masyarakat sudah susah kok dimintai uang lagi, Pak

Sering Pungli Masyarakat, Bobby Nasution Copot Lurah Sidorame Timur Screenshoot video Instagram @bobbynst

Lurah Sidorame Timur Hermanto dan Kasi Pembangunan Dina Simanjuntak pun langsung dicopot dari jabatannya untuk sementara waktu sembari investigasi dari internal Pemko Medan dilakukan.

"Masyarakat sudah susah kok dimintai uang lagi pak. Bahaya loh ini. Saya tidak suka kalau begini caranya," kata Bobby kepada Lurah.

Baca Juga: [BREAKING] Bobby Nasution Pecat Kepala Dinas Kesehatan

2. Sebuah rekaman video dari masyarakat menjadi bukti adanya pungli

Sering Pungli Masyarakat, Bobby Nasution Copot Lurah Sidorame Timur Screenshoot video Instagram @bobbynst

Awalnya, Lurah tak mengaku sembari membantah tuduhan pungli yang dialamatkan kepadanya dan jajarannya. Namun, pernyataan itu ternyata memiliki bukti hinga terbantahkan saat Bobby mengeluarkan rekaman yang diterimanya dari masyarakat.

"Jadi bapak tidak ada pungli, tidak ngaku? Ini saya ada rekamannya loh, kita buka ya video dan rekaman suaranya," kata Bobby lantas menunjukkan rekaman yang menampilkan permintaan sejumlah uang kepada masyarakat yang ingin mengurus sesuatu.

"Ini jelas suara ibu juga ada, kok bilang jangan mau diatur masyarakat? Jadi siapa lagi yang mengatur kita kalau bukan masyarakat. Kita kan bekerja untuk melayani, jangan malah dikutip uang begitu, walau bahasanya seikhlas hati itu tidak benar," lanjut Menantu Presiden Jokowi itu.

3. Bobby: Sudah, Bapak jangan jadi lurah lagi

Sering Pungli Masyarakat, Bobby Nasution Copot Lurah Sidorame Timur Screenshoot video Instagram @bobbynst

Dari tindakan pungli di Kelurahan Sidorame Timur tersebut, Bobby pun langsung mencopot jabatan Lurah dan Kasi Pembangunan. "Sudah bapak jangan jadi lurah lagi. Ibu juga," tegas Bobby.

Dalam hal ini, masyarakat setempat banyak mengeluh soal tarif pengurusan Surat Keterangan Usaha (SKU) yang mencapai Rp200 ribu menurut keterangan warga.

"Mana mau di sini kalau ngurus bayar Rp20 ribu, minimal Rp50 ribu," koar warga selepas Bobby beranjak dari kantor lurah tersebut.

Kepada sekretaris lurah, Bobby juga mengimbau agar jangan mengikuti cara-cara lurah yang lama. "Saya tak mau dengar lagu ada pungli di sini. Dan jangan ancam-ancam Kepling," perintah Bobby

Baca Juga: Keluarga Kru KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak Berharap Mukjizat

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya