Sederhananya Persiapan Imlek di Vihara Maitreya karena Pandemik

Kapasitas di vihara dibatasi dan bergiliran

Medan, IDN Times - Salah satu Vihara terbesar di Kota Medan, Vihara Maitreya yang berada di Komplek Cemara Asri Boulevard Raya Medan akan menyambut Tahun Baru Imlek 2572 dengan sederhana. Terpantau di H-7, vihara ini terlihat tak seperti tahun lalu yang dihiasi lampion warna warni. Hanya terlihat fasilitas protokol kesehatan, pada Sabtu (6/2/2021).

Seorang pengurus Vihara Maitreya, Dicky menjelaskan bahwa menjelang tahun baru Imlek ini memiliki persiapan yang berbeda dengan yang lainnya dengan pembersihan vihara.

"Jadi tahun ini gak semeriah tahun sebelumnya. Karena kita mematuhi protokol dan imbauan pemerintah. Jadi untuk tahun ini kita gak ada acara apa-apa. Cap gomeh juga gak ada bazar. Tahun sebelumnya ada, tapi tahun ini kita merayakan imlek secara sederhana aja," ujarnya.

"H-7, biasanya sudah sibuk. Kita udah pasang dekorasi, kemudian lampion juga kita pasang banyak. Cuman untuk tahun ini kita gak ada dekorasi lebih santai terasa berbedalah," tambahnya.

1. Pengurus vihara imbau pengunjung lakukan sembahyang di rumah saja

Sederhananya Persiapan Imlek di Vihara Maitreya karena PandemikPersiapan Imlek di Vihara Maitreya, Komplek Cemara Asri Deli Serdang (IDN Times/Indah Permata Sari)

Jemaat disarankan sembahyang ataupun beribadah di rumah saja.  "Tapi kalau memang masih ingin datang, ya kita perboleh cuma dengan prokes. Jadi tetap pakai masker, jaga jarak kemudian tidak berkerumunan dan selalu cuci tangan," jelasnya.

"Kalau pembersihan memang kita lakukan sebagai rutinitas, seperti pembersihan rupang kemudian pembersihan lantainya. Khusus untuk tahun ini kita bersihkan lantainya kemudian untuk sterilkan kita juga ada hand sanitizer, dan dinding serta tiang secara menyeluruh," tambahnya.

Baca Juga: Imlek, Sembahyang di Vihara Gunung Timur Dibatasi hanya untuk 50 Orang

2. Kapasitas di vihara akan dibatasi kuotanya

Sederhananya Persiapan Imlek di Vihara Maitreya karena PandemikPersiapan Imlek di Vihara Maitreya, Komplek Cemara Asri Deli Serdang (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dirinya mengimbau kepada umat Budha saat melakukan ibadah di vihara, tepat di malam Imlek datang secara bergilir dengan batasan kapasias.

"Kalau tahun ini pasti kita perkecil seminim mungkin lah. Kuotanya mungkin bisa 100-an lebih. Itupun datangnya bergilir kita imbau yang sembahyang itu 5 sampai 10 menit aja di dalam. Jadi setelah itu boleh keluar," tambahnya.

Sedangkan untuk tahun sebelumnya, para pengunjung yang beribadah terhitung hingga ribuan. 

3. Lampion tetap dipasang seperti tahun-tahun lalu

Sederhananya Persiapan Imlek di Vihara Maitreya karena PandemikPersiapan Imlek di Vihara Maitreya, Komplek Cemara Asri Deli Serdang (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, vihara lakukan donasi lampion kepada para pengunjung umat Budha

"Lampion tetap kita pasang, cuma gak seperti tahun kemaren. Tahun kemaren itu lebih banyak sekitar ribuan. Ini tegantung donasi sendiri. Lebih berkurang banyak," tutupnya.

Dicky juga meminta pengunjung yang hanya bertujuan untuk sekadar berfoto untuk tidak datang dulu.

Baca Juga: Jangan Disajikan saat Imlek, 7 Makanan Ini Dianggap Membawa Sial 

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya