Pengunjung Menurun Drastis, Medan Zoo Terpaksa Pangkas Gaji Karyawan

Estimasi operasional Rp80 juta sampai Rp100 juta perbulan

Medan, IDN Times - Salah satu tempat wisata di Kota Medan, Kebun Binatang (Medan Zoo) mengalami penurunan drastis bagi para pengunjung, hingga 75 persen dari sebelumnya. Hal ini dikatakan Pernius Harefa sebagai Manager Medan Zoo pada Senin (28/2/2022).

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution menetapkan PPKM level 3 sejak tanggal (14/2/2022) sampai dengan (28/2/2022).

"Setelah ditetapkan pak Wali Kota naik ke level 3 sejak 14 Februari, terjadi penurunan pengunjung termasuk pada hari ini yang masih tanggal merah pengunjung saat ini 388 orang," ucapnya.

1. Pengunjung Medan Zoo di bawah 1.000 orang per hari

Pengunjung Menurun Drastis, Medan Zoo Terpaksa Pangkas Gaji KaryawanDonatur saat sedang meninjau Medan Zoo (Dok. Istimewa)

Menurutnya, sebelum ditetapkan PPKM Level 3 untuk hari libur atau Sabtu dan Minggu bisa mencapai 1700-an pengunjung Medan Zoo.

"Jadi ini menurun drastis sejak level 3 dibawah 1.000 yang hanya sekitar 400-an saja. Sebelumnya pendapatan kita dari Desember-Januari dibanding sepanjang 2021 ada kenaikan," jelasnya.

Ke depannya, Pernius berharap dapat terjadi peningkatan pengunjung Medan Zoo agar dapat mencukupi pembiayaan dalam pengelolaan (operasional).

Baca Juga: Wisata Edukasi Medan Zoo Favorit Keluarga, Ini Fasilitas dan Tarifnya

2. Upah karyawan Medan Zoo dipangkas untuk menyiasati kecukupan operasional

Pengunjung Menurun Drastis, Medan Zoo Terpaksa Pangkas Gaji KaryawanPihak pengelola Medan Zoo sedang meninjau satwa (Dok. Istimewa)

Sementara itu, diakui olehnya bahwa untuk operasional dengan pendapatan belum cukup untuk menutupi estimasi pengeluaran.

Sehingga, salah satu cara mensiasati pendapatan untuk tercukupi biaya operasional maka para karyawan di Medan Zoo harus terpaksa dipangkas upahnya.

"Untuk menyiasati ini, terpaksa operasional lainnya kita pangkas termasuk gaji karyawan. Dulunya 50 persen, sejak ada kenaikan COVID-19 sekarang mungkin dipangkas lagi. Nah, termasuk biaya kandang mungkin pun termasuk makanan hewan," ungkapnya.

3. Estimasi operasional mencapai Rp80 juta sampai Rp100 juta per bulan

Pengunjung Menurun Drastis, Medan Zoo Terpaksa Pangkas Gaji KaryawanKebun Binatang Medan (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Diungkapkan Pernius, ada sekitar Rp8 0juta sampai Rp100 juta per bulan untuk biaya operasional Medan Zoo.

"Yang membuat makanan mahal itu adalah makanan harimau berupa daging yang bisa konsumsi sebanyak 65 kilogram, untuk satu hari dengan jumlah 13 harimau," ucapnya.

Disamping itu, ada juga bantuan dari masyarakat atau organisasi yang mendonasikan makanan satwa.

"Ada juga dapat bantuan dari masyarakat, dan organisasi kepemudaan berupa makanan satwa untuk satu hari yang telah kita terima semalam," jelasnya.

"Kami berharap ada perhatian kepada satwa di Medan Zoo," harapnya.

Untuk sekedar informasi, saat ini ada tiga jenis satwa di Medan Zoo yaitu abes, reptil, karnivora dengan total keseluruhan satwa 251 ekor, termasuk harimau.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya