KPU Medan Targetkan Rekapitulasi Suara Rampung 5 Hari

Hasil yang sudah masuk ke laman KPU di atas 30 persen

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menargetkan rekapitulasi penghitungan suara untuk 21 kecamatan di Kota Medan tuntas dalam waktu 5 hari. Hal itu dikatakan Juru bicara KPU kota Medan, Rinaldi Khair.

Dari 21 kecamatan tersebut, Rinaldi mengharapkan para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menggelarnya dengan baik menggunakan alat bantu sirekap.

"Setelah itu seluruh logistik digerakkan ke kantor kecamatan tadi malam. Hari ini 21 kecamatan sedang melakukan persiapan untuk rekapitulasi pemungutan surat suara di tingkat PPK," kata Rinaldi.

1. KPU targetkan rekapitulasi selama 5 hari

KPU Medan Targetkan Rekapitulasi Suara Rampung 5 HariIDN Times/istimewa

Rencana rekapitulasi di tingkat kecamatan dilakukan selama 5 hari, yang terhitung dari hari tanggal 10 sampai dengan tanggal 14 Desember 2020.

"Begitu pun kita berharap paling lama 3 hari sudah selesai. Agar kita bisa melakukan rekapitulasi di tingkat kota Medan yang rencananya akan digelar mulai 13 desember. Harapannya untuk rekapitulasi bisa siap satu hari agar segera melakukan penetapan. Sambil menunggu 3 hari proses apakah ada nanti gugatan hukum," ucapnya.

Rinaldi mengatakan bahwa jika tak ada gugatan hukum dari MK dan dan surat dari MK keluar untuk kota Medan maka akan dilanjutkan pada proses penetapan hasil.

Baca Juga: Update Real Count Pilkada Medan: Bobby-Aulia Unggul dengan 52,8 Persen

2. Rekapitulasi dilakukan secara berjenjang

KPU Medan Targetkan Rekapitulasi Suara Rampung 5 HariIDN Times/istimewa

Dirinya juga menyampaikan bahwa, rekapitulasi di tingkat kecamatan ini dilakukan secara berjenjang, yang artinya masih dalam proses secara manual dengan membuka kotak satu persatu untuk mengambil C hasil plano yang sudah ditetapkan di TPS.

"Kalau ditanya sejauh mana hasil suara tentu tidak bisa kita sampaikan karena proses rekapitulasi rata-rata baru dimulai. Kita tahu hasilnya saat rekapitulasi di tingkat kecamatan sudah ditetapkan," ujar Rinaldi.

3. Hasil bisa dilihat pada website KPU

KPU Medan Targetkan Rekapitulasi Suara Rampung 5 HariSimulasi saat pemungutan suara (Dok. IDN Times/istimewa)

Rinaldi mengatakan, untuk hasil yang sudah masuk dapat dilihat pada website KPU pilkada2020.kpu.go.id.

"Kita sampaikan sejak siang sudah ada sekitar 30 persen, seribuan lebih TPS dari 4.303 TPS. Ini sebenarnya suara yang didata dari tingkat TPS. Suara ini belum dilakukan finalisasi yang dilakukan secara berjenjang. Ini murni hanya suara dari TPS," ujarnya.

Baca Juga: Data Lengkap Update Real Count KPU Pilkada 23 Daerah di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya