Comscore Tracker

Kompetisi Film Panasonic Berhadiah Ratusan Juta, Cek Syaratnya!

Kolaborasi IJTI Sumut dan PYFM bangkitkan industri kreatif

Medan, IDN Times - Panasonic kembali mewujudkan komitmennya untuk memajukan industri kreatif di Indonesia, dengan menghadirkan Panasonic Young Filmmaker 2022, sebagai wadah bagi filmmaker dan creator muda Indonesia untuk berkompetisi menghasilkan dan menunjukan karya terbaiknya dalam bentuk video.

Panasonic Young Filmmaker (PYFM) 2022 kali ini akan hadir di Kota Medan pada Sabtu (10/12/2022) berkolaborasi dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Sumatera Utara. 

1. Kegiatan ada di 3 Kabupaten Kota Sumatera Utara

Kompetisi Film Panasonic Berhadiah Ratusan Juta, Cek Syaratnya!IJTI Pengda Sumut (Dok. Istimewa)

Ketua IJTI Pengda Sumatera Utara Tuti Alawiyah Lubis mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan di 3 kabupaten/kota yang berada di Sumatera Utara.

"Ya kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan di tiga tempat, Medan, Deliserdang dan Siantar, ini mengingat membangkitkan kembali gairah industri kreatif, sebagai wadah bagi filmmaker dan kreator muda Indonesia untuk berkompetisi menghasilkan dan menunjukan karya terbaiknya dalam bentuk video," kata Tuti, pada Kamis (8/12/2022).

Ajang kompetisi Panasonic Young Film Maker 2022 hadir dengan warna baru, dengan kolaborasi bersama brand Panasonic lain seperti Panasonic TV, Panasonic Cooking dan Panasonic Beauty, serta komunitas kreatif dan para professional dari industry perfilman dan juga videografi dalam setiap kategori. 

Ini merupakan bentuk penyesuaian Panasonic dengan tren video dan digital yang terjadi saat ini, dan bertujuan untuk memperluas audience yang tidak hanya dari pembuat film tapi juga pembuat konten video digital dari berbagai latar belakang maupun minat.

Baca Juga: Mengenal Cornel Simanjuntak, Pahlawan Asal Sumut yang Terlupakan

2. Sebagai bentuk dukungan para sineas dan kreator muda dalam menghasilkan karya terbaiknya

Kompetisi Film Panasonic Berhadiah Ratusan Juta, Cek Syaratnya!pexels.com/Ian Panelo

Transformation and Service PT Panasonic Gobel Indonesia Intan Abdams Katoppo, mengatakan bahwa Panasonic Young Filmmaker, merupakan salah satu upaya Panasonic dalam berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia, dengan memberikan wadah bagi para kreator muda Indonesia menunjukan karyanya dalam bidang videografi sekaligus memberi kesempatan kepada mereka bertemu dan berdiskusi dengan para professional dibidangnya.

Dalam rangkaian acara PYFM 2022, para filmmaker dan content creator muda nantinya akan diberikan kesempatan untuk saling belajar dari para ahli dan mendapatkan lebih banyak ilmu mengenai tren serta proses pembuatan film maupun video digital.

“Panasonic GOBEL sebagai pelopor industri elektronika dengan pengalaman lebih dari 60 tahun ini, berkomitmen untuk terus menciptakan 'Live Your Best' melalui berbagai inovasi produk serta aktivitas bisnis yang dibuat dan dipasarkan, salah satunya dengan mengadakan PYFM 2022 sebagai kompetisi film pendek dan digital video yang menargetkan filmmaker dan content creator muda berbakat di seluruh Indonesia. Hal ini juga merupakan inisiatif Panasonic Lumix untuk tidak hanya menjadi merek kamera yang dicintai oleh penggemar video dan foto dari seluruh dunia, tapi juga dapat mendukung para sineas dan creator muda dalam menghasilkan karya karya terbaiknya”, ujar Intan Abdams Katoppo.

3. Terdapat tiga kategori besar yang dikompetisikan dalam PYFM 2022

Kompetisi Film Panasonic Berhadiah Ratusan Juta, Cek Syaratnya!IJTI Pengda Sumut (Dok. Istimewa)

Sementara itu General Manager Audio Visual & Small Domestic Appliance Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi menyebutkan, bahwa dirinya menyadari kondisi saat ini yang masih dalam masa pasca pandemi maka masih harus terus berjuang. 

Karenanya, PYFM kali ini mengusung tema STRIVE yang berarti berjuang. PYFM 2022 mengajak teman-teman pekerja kreatif muda di Indonesia untuk membuat ataupun mengirimkan karya video dengan tema sesuai untuk terus saling membangkitkan semangat di masa penuh ketidakpastian ini. 

“Percepatan perkembangan digitalisasi di Indonesia selama masa pandemi kemarin juga membawa banyak perubahan dalam industri video dan media sosial, maka kali ini PYFM hadir dengan ragam kategori yang disesuaikan dengan tren video saat ini, yang tidak hanya menargetkan filmmaker tetapi juga content creator yang juga sangat kreatif dalam menghasilkan video untuk media sosialnya. Hal ini lah yang membuat kami percaya bahwa kita semua sebenarnya terlahir untuk menciptakan sesuatu sesuai dengan kampanye PYFM 2022 #BORNOCREATE”, kata Agung. 

Terdapat tiga kategori besar yang dikompetisikan dalam PYFM 2022 yaitu Short Movie, Conceptual Video, & Vertical Video. Kategori Short Movie merupakan produksi film pendek dengan genre Drama, Komedi, Horror, Action, serta Dokumenter berdurasi maksimal 10 menit.

Conceptual Video merupakan produksi video yang terbagi kedalam empat sub-kategori yaitu, Wedding Video, Pre-Wedding Video, Nature & Wildlife Video dan Experimental Video. Kategori terakhir adalah Vertical Video yang merupakan produksi video dengan format 9:16 yang juga terbagi dalam 4 sub-kategori yaitu Local Travel Video, Local Food Video, Education Video dan Fashion & Beauty Video dengan durasi minimum 1 menit.

Mengusung kampanye #BornToCreate PYFM 2022 menggandeng juri kenamaan yakni sutradara dan penulis muda Yandy Laurens & cinematographer Goenrock untuk kategori short movie, serta Yudha Rizky & Aldio Ogut mewakili ContentAcademy.id, Bagoes Kresnawan, Babam Bramaditia, Barry Kusuma  Pradityaka dan Gary Evan untuk kategori Conceptual Video dan Vertical video serta Agung Ariefiandi selaku representatif Panasonic Gobel Indonesia untuk seluruh kategori. PYFM 2022 juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti Hunting Pasar, SWAPP, Content Academy, Kreatif Hub, Wedding Vidgram, DCI, SNXP dan Keratif Film School. 

Seluruh kegiatan PYFM 2022 dilaksanakan selama dua bulan, mulai dari (10/11/2022) hingga (3/1/2023). Dalam periode tersebut, Lumix bersama dengan komunitas akan mengadakan workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek maupun konten video serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera Lumix yang dapat mendukung para creator dalam seluruh proses pembuatan konten.

Untuk mengikuti kompetisi ini peserta dapat mendaftarkan karyanya melalui microsite pyfm2022.com sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setiap peserta berkesempatan memenangkan total hadiah senilai 360 Juta untuk seluruh kategori. Pengumuman pemenang PYFM 2022 akan diselenggarakan pada (20/1/2023) dengan total 11 kategori pemenang yakni, Short Movie Category, Best Picture, Best Story, Best Cinematography, Conceptual Video Category, Best Wedding Video, Best Pre-Wedding Video, Best Nature & Wild Life Video

Lanjut, Best Experimental Video, Vertical Video Category, Best Education Video, Best Local Travel Video, Best Local Food Video dan Best Fashion & Beauty Video.

Baca Juga: ASN Viral Berjudi di DPRD Sumut, Gubernur Edy: Pecat

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya