Kahiyang Harap Semua Sekolah Lolos Jadi Penggerak Belajar Merdeka

Belajar merdeka dan enam profil Pancasila

Medan, IDN Times - Ketua PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu meminta agar seluruh sekolah di Kota Medan bisa menerapkan belajar merdeka dan enam profil pelajar Pancasila. Hal itu disampaikannya saat berkunjung di Bharin School, Jalan Jamin Ginting, Sabtu (13/11/2021).

Menurut Kahiyang untuk mencapai pada program Kemendikbud tentang pola penerapan belajar merdeka dan enam profil pelajar pancasila itu dimulai dari sekolah penggerak.

"Seperti yang diminta oleh Kementerian kita, sekolah diharapkan bisa terapkan enam profil pelajar Pancasila yakni Ketuhanan yang maha Esa, berakhlak mulia, kebinekaan global, kreatifitas, kemampuan gotong royong, kemandirian dan pelajar bernalar," ucap Kahiyang pada saat kegiatan pengimbasan sekolah penggerak tingkat TK/PAUD.

1. Kahiyang: Tingkat PAUD dan TK baru ada dua sekolah yang telah lolos sebagai sekolah penggerak

Kahiyang Harap Semua Sekolah Lolos Jadi Penggerak Belajar MerdekaKetua PKK kota Medan, Kahiyang Ayu (Dok. Istimewa)

Dijelaskan Kahiyang saat ini, seluruh sekolah di Indonesia sedang berlomba-lomba untuk menjadi sekolah penggerak.

"Jadi sekolah penggerak itu merupakan program peningkatan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis interval. Saat ini untuk tingkat PAUD dan TK baru ada dua sekolah yang telah lolos sebagai sekolah penggerak," papar Kahiyang.

"Kegiatan pengimbasan itu artinya menularkan dan saya harap sekolah penggerak ini bisa menularkan program-program ini kepada sekolah lainnya di Kota Medan," jelasnya.

Baca Juga: Majukan Produk Lokal, Kahiyang Ayu Resmikan Pojok UMKM

2. Dari enam profil pelajar Pancasila, ada tiga sikap sekolah yang harus diterapkan

Kahiyang Harap Semua Sekolah Lolos Jadi Penggerak Belajar MerdekaKetua PKK kota Medan, Kahiyang Ayu (Dok. Istimewa)

Untuk mencapai enam profil pelajar pancasila, Kahiyang menyatakan ada tiga sikap sekolah yang harus diterapkan.

Tiga sikap itu di antaranya adalah, sekolah harus bisa menjadi tempat yang menyenangkan, kedua aman dan mengajarkan sikap toleran mencintai keberagaman suku dan budaya, dan ketiga sekolah bisa merelevansikan masa depan anak.

"Nah tiga sikap itu merupakan ciri-ciri dalam sekolah yang telah ditunjuk dan dipilih serta dinyatakan lolos sebagai sekolah penggerak," jelasnya.

3. Kahiyang berharap seluruh sekolah dapat menjadi sekolah penggerak

Kahiyang Harap Semua Sekolah Lolos Jadi Penggerak Belajar MerdekaKetua PKK kota Medan, Kahiyang Ayu (Dok. Istimewa)

Untuk itu Kahiyang berharap agar seluruh sekolah baik tingkat Paud, TK, SD, dan SMP di Kota Medan bisa merubah sekolahnya menjadi sekolah penggerak.

"Harapannya seluruh sekolah bisa menjadi sekolah penggerak dan bahkan gurunya pun juga menjadi guru penggerak untuk mencapai program kementerian tentang enam profil pelajar yang wajib dimiliki anak-anak Indonesia,"ucapnya.

Kahiyang juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak acara karena disambut dengan sangat baik.

"Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan untuk anak-anak yang menari bunda ucapkan terimakasih, semoga ke depan kita bisa lebih baik lagi untuk mencapai semua keinginan kita," tutup Kahiyang.

Baca Juga: Anniversary Ke-4, 10 Potret Photoshoot Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya