Jelang Tatap Muka, Seribu Pelajar SMPN 4 Medan Divaksinasi

PTM terbatas akan digelar awal Oktober 2021

Medan, IDN Times - Sebanyak seribu pelajar SMP Negeri 4 Medan, mendapatkan suntikan vaksinasi dosis pertama di Medan, Senin (27/9/2021). Kegiatan digelar di sekolah yang beralamat di Jalan Jati 3 Medan itu.

Kepala Sekolah SMPN 4, Dewi Sri Indriati Kusuma, menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi untuk peserta didik tersebut merupakan kerjasama antara Pemko Medan dengan satuan pendidikan baik kepala sekolah dan guru dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada awal Oktober 2021 mendatang.

"Kegiatan vaksinasu untuk pelajar ini merupakan kerjasama antara Pemko Medan, dengan satuan pendidikan di sekolah jelang persiapan rencana belajar tatap muka atau PTMT pada Oktober 2021 nanti ," kata Dewi didampingi Wakil Kepala Sekolah Pandapotan Siregar.

1. Sekolah libatkan tim kesehatan dari lima puskesmas Kota Medan

Jelang Tatap Muka, Seribu Pelajar SMPN 4 Medan DivaksinasiSuasana vaksinasi para pelajar SMPN 4 Medan (Dok. Istimewa)

Dikatakan Dewi bahwa program vaksinasi tersebut juga mendukung upaya pemerintah untuk percepatan kekebalan kelompok atau herd immunity dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, khususnya di sekolah dengan melibatkan tim kesehatan dari 5 Puskesmas yang ada di Kota Medan.

"Ada lima Puskesmas di Kota Medan yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi dosis pertama untuk pelajar di sini," ujar Dewi.

Baca Juga: Kuliah Tatap Muka Mulai Semester Ganjil, Begini Persiapan Sumut

2. Pelajar harus sertakan surat pernyataan bersedia divaksinasi

Jelang Tatap Muka, Seribu Pelajar SMPN 4 Medan DivaksinasiSuasana vaksinasi para pelajar SMPN 4 Medan (Dok. Istimewa)

Proses penyuntikan vaksin untuk pelajar kelas VII, VIII dan IX ini juga dibagi dalam beberapa gelombang, dan wajib didampingi oleh orangtua siswa dengan dilengkapi kartu identitas keluarga dan surat pernyataan bersedia divaksinasi. Selain itu tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Dalam pelaksanaan ini kami tetap menjaga prokes, dengan mewajibkan semua memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata Dewi.

3. Sekolah membagi beberapa ruang untuk pelajar terkhusus untuk vaksinasi

Jelang Tatap Muka, Seribu Pelajar SMPN 4 Medan DivaksinasiSuasana vaksinasi para pelajar SMPN 4 Medan (Dok. Istimewa)

Lanjut bahwa pihak sekolah juga telah membagi ruangan menjadi beberapa ruang, yakni adanya ruang khusus untuk vaksinasi yang terkoneksi dengan internet, ruang observasi serta ruang tunggu untuk pelajar yang telah divaksinasi. Dan ada juga ruang tunggu untuk orang tua, untuk menghindari adanya kerumunan.

Baca Juga: Cerita Sedih dari 3 Warga Langkat Korban Longsor di Karo

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya