Aplikasi Moovit di Medan Segera Diberlakukan, Ini Kegunaannya

Awal bulan Oktober 2022 akan diberlakukan

Medan, IDN Times - Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) telah meluncurkan aplikasi baru bernama Moovit, yang diluncurkan langsung oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang tepat pada Hari Perhubungan Nasional 2022 di Lapangan Benteng, pada Sabtu (17/9/2022) dan direncanakan awal bulan Oktober akan diberlakukan di Kota Medan pada Sabtu (1/10/2022).

Fitur aplikasi Moovit merupakan panduan transportasi umum, guna memudahkan masyarakat dalam dunia teknologi digital. Sehingga, diharapkan masyarakat yang memakai kendaraan pribadi dapat beralih ke Angkutan Umum/Kota.

IDN Times melihat sejumlah fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut, yang dinilai dapat membantu masyarakat yang masih kewalahan dalam memilih angkutan kota (angkot) untuk menemukan rute dan jadwalnya di Kota Medan.

Dalam aplikasi ada 3 fitur yaitu, arah, pemberhentian, dan jalur dapat disesuaikan pada rute yang diinginkan. Semua jalur bis tertera mulai dari rute Terminal Amplas hingga Tanjung Gusta.

Lalu, apa kegunaannya ? Simak berikut ini.

Baca Juga: Rentetan Dugaan Gas PT SMGP Makan Korban, Sudah 7 Orang Meninggal

1. Bebas macet dan stres dengan panduan aplikasi

Aplikasi Moovit di Medan Segera Diberlakukan, Ini KegunaannyaIlustrasi macet (IDN Times/Sukma Shakti)

Dari fitur aplikasi Moovit, maka bisa mendapatkan panduan rute transportasi umum terbaik guna memudahkan aktivitas dengan aplikasi Moovit.

Aplikasi Moovit mengakomodasi layanan bus, kereta bawah tanah, dan metro ke dalam satu fitur gabungan yang bisa dinikmati setiap saat.

Selain itu juga, jadwal aktivitas dapat lebih mudah dengan memperkirakan waktu tempuh perjalanan dari stasiun ke tempat tujuan. 

2. Fitur ini memastikan untuk dapat mendapatkan rute perjalanan yang akurat

Aplikasi Moovit di Medan Segera Diberlakukan, Ini KegunaannyaPeluncuran aplikasi Moovit di Kota Medan (Dok. Istimewa)

Fitur pada aplikasi Moovit juga masih terus dikembangkan agar dapat menampilkan jadwal realtime yang bekerja berdasarkan fungsi pelacakan GPS. Integrasi sistem kedatangan bus, kereta bawah tanah, dan kereta api bisa digunakan dengan mencari stasiun terdekat.

Pilih rute perjalanan terbaik dengan panduan navigasi langsung yang disertai dengan fitur notifikasi ketika sudah tiba di tempat tujuan. Fitur ini memastikan untuk dapat mendapatkan rute perjalanan yang akurat. Oleh karena itu juga, Moovit dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik versi Google Play dan App Store.

Selain itu juga, untuk jadwal keberangkatan menjadi real-time. Seperti halnya jika tak ingin terlambat mengejar jadwal beraktivitas saat liburan maka bisa melihat jadwal kedatangan kendaraan umum secara real-time. Informasi ini sebisa mungkin diambil dari pelacak GPS yang terdapat di dalam bus dan kereta api.

3. Notifikasi realtime hindari gangguan layanan tak terduga

Aplikasi Moovit di Medan Segera Diberlakukan, Ini Kegunaannyailustrasi kerja coding (pexels.com/ThisIsEngineering)

Dapat meminimalisasi kemungkinan terjadinya keterlambatan, dengan mengetahui gangguan yang terjadi di jalur kereta atau bus, juga peringatan layanan mulai dari penundaan jadwal keberangkatan atau kemacetan lalu lintas.

Dengan begitu, tak perlu khawatir mencoba menjelajahi lokasi baru di aplikasi Moovit yang dapat memungkinkan untuk mendapatkan petunjuk arah angkutan umum langkah demi langkah.

Tidak hanya panduan untuk menggunakan moda transportasi umum, tetapi juga jarak dan waktu untuk berjalan dari stasiun ke tempat yang yang dituju.

4. Panduan petunjuk arah yang akurat

Aplikasi Moovit di Medan Segera Diberlakukan, Ini KegunaannyaIlustrasi kemacetan (IDN Times/Mardya Shakti)

Tidak perlu khawatir mencoba menjelajahi lokasi baru, aplikasi Moovit memungkinkan untuk mendapatkan petunjuk arah angkutan umum langkah demi langkah.

Tidak hanya panduan untuk menggunakan moda transportasi umum, tetapi juga jarak dan waktu untuk berjalan dari stasiun ke tempat yang yang dituju.

Serta dapat menandai jalur favorit jika telah menemukan rute yang bisa digunakan untuk berangkat menuju stasiun di pusat kota untuk digunakan ke tempat-tempat yang akan sering kamu kunjungi.

Jika telah menandai rute transportasi favorit, dapatkan juga notifikasi ketika ada gangguan pada jalur tersebut. Hal ini akan memudahkan untuk bisa mencari rute alternatif sehingga aktivitas menjadi lebih efisien.

5. Dapat melihat keseluruhan tampilan peta transportasi

Aplikasi Moovit di Medan Segera Diberlakukan, Ini Kegunaannyailustrasi peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, pastinya membutuhkan peta lokasi yang bisa diakses secara keseluruhan. Dalam hal ini, maka dapat diandalkan untuk mengakses peta dalam dokumen PDF agar dapat melihat semua stasiun, rute, dan jalur masing-masing alternatif transportasi di peta transit.

Bagi yang penasaran bisa langsung merencanakan itinerary dengan mengunduh aplikasi Moovit agar lebih akurat. Tapi dengan catatan untuk Kota Medan, aplikasi ini diberlakukan pada awal bulan Oktober 2022.

Baca Juga: Dukung Tol Laut, Pelindo Genjot Pelayanan dan Infrastruktur di Belawan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya