Hari Pertama Sekolah di Medan, Siswa Datang untuk Bagi Jadwal Masuk

Siti: Sudah lama tidak pakai seragam di lemari

Medan, IDN Times - Imbas dari pandemik COVID 19 salah satunya yaitu pendidikan, yang membuat para siswa siswi belajar online tanpa tatap muka. Hal ini dilakukan, sebagai penekanan angka yang cukup tinggi dalam kasus pandemik COVID-19 termasuk kota Medan.

Di hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru, beberapa sekolah di Medan bertatap muka dengan siswanya meski hanya untuk memberi pengumuman soal sistem bagi jadwal.

Meski hanya sebentar, para siswa melepas rindu memakai seragam yang telah lama disimpan di lemari dan bertemu teman-temannya meski hanya lebih kurang setengah jam.

Seperti yang dirasakan oleh sejumlah siswa di kota Medan, saat IDN Times melakukan pemantauan di beberapa sekolah yang melakukan aktivitas bersama siswa.

1. Temu kangen di bangku sekolah bersama teman meski sebentat

Hari Pertama Sekolah di Medan, Siswa Datang untuk Bagi Jadwal MasukSiswa hari pertama masuk sekolah dengan seragam (IDN Times/Indah Permata Sari)

Siti Aisyah (16) yang duduk di bangku sekolah kelas XI di SMK Alwasliyah 3 Medan mengatakan, dirinya sangat kangen karena sudah lama tidak bertemu dengan teman yang kurang lebih 3 bulan selama mulai pandemik COVID-19.

“Masuk dari jam setengah 8 pagi, balik setengah 9. Tadi cuma baru dikasih pengumuman, bahwa sekolah akan dilakukan tidak seperti biasanya. Nanti akan dilakukan lain-lain hari, gak setiap hari. Seminggu 3 kali cuma. Kalau sekolah diwajibkan pakai masker, sekolah pakai baju biasa gak boleh pakai baju sekolah. Ini pakai seragam yang udah lama disimpan di lemari,” jelasnya.

“Kalau kita menjaga kesehatan, dan menjalankan protokol kesehatan ya kayaknya aman aja sih gak apa. Gak ada rasa takut kalau balik sekolah lagi, malah senang karena kangen masa sekolah kami,” ungkapnya.

Baca Juga: Hasil Survei Wahana Visi: 42,6 persen Anak Rindu Kembali Sekolah

2. Siswa: Pihak sekolah umumkan informasi pembagian hari kepada siswa

Hari Pertama Sekolah di Medan, Siswa Datang untuk Bagi Jadwal MasukSiswa hari pertama masuk sekolah dengan seragam (IDN Times/Indah Permata Sari)
  • Sementara Azkia, seorang siswa perempuan SMK Al Washliyah 3 mengakui, dirinya kangen untuk masuk sekolah. Sehingga saat memakai baju seragam sekolah sangat senang.

“Dikasih pengumuman aja tadi, nanti gak bisa semuanya masuk pas sekolah. Tadi semua masuk, nanti dibagi harinya. Tapi kayaknya gak optimal nanti kami belajar sih karena dibagi,” ungkapnya.

Ia berharap nantinya, pandemik COVID-19 berakhir untuk bisa melakukan aktivitas sekolah bersama teman-temannya seperti biasa.

“Kangen main-main sama kawan. Ya semoga semakin membaik,” ucap siswa jurusan administrasi perkantoran tersebut.

3. Hari pertama siswa baru, tak ada masa orientasi

Hari Pertama Sekolah di Medan, Siswa Datang untuk Bagi Jadwal MasukSiswa hari pertama masuk sekolah dengan seragam (IDN Times/Doni Hermawan)

Namun, berbeda dengan Azlan yang terlihat baru masuk SMA di Jalan Brigjend Zein Hamid Medan. Ia mengatakan,dirinya dalam tahap pengenalan di kelas sebagai siswa baru.

“Tadi perkenalan, kami sekitar 30-an orang. Gak ada ospek, tapi tadi ada tes isi dari soal sosiologi, matematika ya gitulah,”

Saat ditanya ada ketakutan di tengah COVID-19 untuk masuk sekolah yang rutin nantinya, ia menjawab tidak takut, karena adanya protokol kesehatan. Untuk saat ini ia juga menambahkan pihak sekolah akan melakukan sistem daring, sehingga untuk masuk sekolah belum ada ketetapan tanggal untuk diumumkan kepada siswa.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemerintah Siap Tes COVID-19 di Sekolah-Sekolah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya