Festival Payau Puan Paloh Beri Harapan Baru Bagi Warga Paya Pasir

Harapannya perempuan dapat menopang perekonomian keluarga

Medan, IDN Times - Festival Payau Puan Paloh membuka harapan baru bagi warga Paya Pasir, akan potensi wisata daerah tersebut. Menikmati Pasang Surut Air, Festival Payau Puan Paloh diselenggarakan pada Sabtu (11/3/2023) dan Minggu (12/3/2023) di Aliran Paloh Blancang, Jalan Kota Cina Lingkungan VII, Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan.

Paloh Blancang adalah sebentuk aliran anak sungai di sekitaran pesisir yang berair payau, percampuran air tawar dan air asin ketika pasang surut laut. Harapan tersebut pun semakin besar melihat disambut baiknya Festival Payau Puan Paloh oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

1. Bobby berjanji akan menggali potensi yang ada di Kelurahan Paya Pasir

Festival Payau Puan Paloh Beri Harapan Baru Bagi Warga Paya PasirSuasana Festival Payau Puan Paloh di Kelurahan Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Melalui acara Festival Payau Puan Paloh, Wali Kota Medan Bobby Nasution berjanji akan menggali potensi yang ada di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan.

“Kami mohon maaf, seharusnya dari Dinas Pariwisata bisa menjadikan festival ini menjadi suatu kegiatan dalam kalender event tahunan,” ucap Bobby Nasution saat menghadiri sekaligus membuka acara Festival Payau Puan Paloh pada Sabtu (11/3/2023).

2. Warga akui senang dan ingin kembangkan inovasi kuliner khas pesisir

Festival Payau Puan Paloh Beri Harapan Baru Bagi Warga Paya PasirSuasana Festival Payau Puan Paloh di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Disambut gembira pula oleh warga sekitar, disampaikan Suriati, yang turut memeriahkan acara dengan berjualan masakan khas Paya Pasir, agar kegiatan festival ini bisa terlaksana setiap tahunnya.

"Karena seumur saya tinggal di sini baru kali ini lah ada acara yang besar begini, jadi saya sangat senang sekali," ujar Suriati pada Minggu (12/3/2023).

Suriati berjualan berbagai jenis kuliner di festival tersebut seperti sate lokan, roti jala, es buah nipah, keripik jeruju, dan sirup buah berembang.

Dengan keahlian yang dimilikinya dalam bidang kuliner, dirinya siap ikut berinovasi jika realisasi pengembangan yang dicanangkan berjalan.

"Senang banget kalau itu, kalau memang ada kami bisa mengembangkan makanan khas yang ada di paya pasir ini," ungkapnya.

3. Diharapkan para perempuan di sini dapat menopang perekonomian keluarga

Festival Payau Puan Paloh Beri Harapan Baru Bagi Warga Paya PasirSuasana para nelayan perempuan usai mencari lokan di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, Herawanti Handayani selaku Ketua Panitia menyampaikan Festival Payau Puan Paloh ini mengikutsertakan seluruh perempuan mulai dari panita, pengisi acara hingga peserta.

Dengan digelarnya acara ini, Herawanti berharap para perempuan disini dapat menopang perekonomian keluarga.

Dirinya juga senang melihat antusias yang hadir, tanpa disangka walikota Medan bahkan turun langsung membuka acara.

"Saya senang sekali, bahkan beliau juga menawarkan agar UMKM warga sekitar ini turut didaftarkan, biar bisa ikut serta di beranda kreatif kota Medan," ujarnya.

Sebanyak 37 tenant UMKM teriisi dalam festival tersebut, dengan menghadirkan berbagai kuliner lokal, khas masyarakat pesisir.

"Harapannya dari kegiatan ini masyarakat semakin baik dalam ekonomi dan semakin percaya diri, serta meningkat keterampilannya," pungkasnya.

Baca Juga: Dispora Sumut Fasilitasi Warga Tinggalkan Velodrome-Lapangan Tembak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya