Diterpa Hujan dan Angin Kencang, Atap Pusat Pasar Medan Rusak

Pedagang berharap atap segera diperbaiki

Medan, IDN Times - Atap Pusat Pasar Medan di Jalan Sutomo Medan, rusak karena diterpa hujan deras dan angin kencang. Tepatnya di rooftop (lantai 4) Taman 02 di tempat yang biasa disebut Pasar Sambu itu. 

Kejadian terjadi, Selasa (22/62021) sore sekitar pukul 16.15 WIB. Beberapa pedagang pun mengeluh karena dagangannya basah.

1. Pedagang akui tak alami kerugian, hanya dagangannya jadi basah

Diterpa Hujan dan Angin Kencang, Atap Pusat Pasar Medan RusakSuasana pasar terkena angin kencang di Pasar Sambu Medan (Dok. Kray)

Saat dikonfirmasi kepada salah seorang pedagang pusat pasar Medan, Laura mengatakan, dagangannya tak banyak terkena dampak dari angin kencang. "Gak ada kerugian, untunglah memang luar biasa semalam anginnya," ucap penjual bunga sintetis.

"Angin kencang kali. Gak ada kena, cuma posisi hujan jadi bunga basah. Gak kena ketimpa. Jatuh dari situ nyangkut kesana. Hujan yang basahi barang-barang," tambahnya.

Baca Juga: COVID-19 Meroket di Sumut, Lockdown Jadi Opsi Terakhir

2. Pertama kali dialami para pedagang

Diterpa Hujan dan Angin Kencang, Atap Pusat Pasar Medan RusakSuasana pasar terkena angin kencang di Pasar Sambu Medan (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Menurutnya, peristiwa ini merupakan kali pertama setelah sekian puluhan tahun menjadi pedagang di Pusat Pasar Medan. "Kali pertama. Jangankan di sini, di luar sana ada steling pecah. Bencana memang gak bisa ditolak. Gak pernah-pernah memang luar biasa angin itu," ujarnya.

Laura mengakui saat kejadian, ia berada di lokasi dan sedang menjual dagangannya. Hari ini bunga-bunga sintetis dagangannya pun dijemurnya akibat hujan dan angin kencang tersebut. Sebagai antisipasi jika terjadi hujan lagi, maka Laura akan melakukan memasukkan bunga dengan rapat ke kios.

"Seperti semalam juga kita rapatkan bunganya ke kios. Mudah-mudahan cepat selesai (atapnya) itu yang kita harapkan," jelas Laura.

3. Perbaikan seng mencapai Rp30 juta

Diterpa Hujan dan Angin Kencang, Atap Pusat Pasar Medan RusakKepala PD Pusat Pasar Medan, Bonar Pasaribu (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, Kepala PD Pusat Pasar, Bonar Pasaribu mengatakan kejadian tak memakan korban baik luka ringan ataupun luka berat "Sekitar pukul 16.15 WIB kejadian tersebut. Korban manusia gak ada baik luka maupun lebih luka gak ada. Baja ringan ini tumbang ke bawah menggantung. Malam tadi kami bongkar semuanya," jelasnya.

Perbaikan atap diperkirakannya mencapai Rp20juta sampai Rp30 juta. "Hanya satu titik saja di Taman 02. Terus sekitarnya seng agak peyot sikit. Baru ini, anginnya berputar kencang," tutupnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Tinggi, Publikasi Data di Sumut Amburadul

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya