Diduga Cuaca Buruk, Kapal Motor Camar 1 Tenggelam di Selat Malaka

9 awak diselamatkan nelayan

Medan, IDN Times - Satu unit Kapal Motor (KM) Camar 1 tenggelam di Selat Malaka, Selasa (30/6) lalu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sebanyak 9 awak kapal kargo tersebut telah berhasil diselamatkan nelayan.

Berdasarkan informasi, sebelumnya KM Camar 1 telah tenggelam di perairan dekat wilayah Pulau Jemur. Saat tenggelam, kapal pengangkut kebutuhan sehari-hari berlayar dari Tanjung Balai, Sumut itu hendak menuju Port Klang, Malaysia.

1. Kapal diterjang ombak setinggi 2 meter

Diduga Cuaca Buruk, Kapal Motor Camar 1 Tenggelam di Selat MalakaKapal Motor Camar 1 tenggelam di Selat Malaka (Dok.IDN Times/istimewa)

Dalam pelayarannya, diketahui kapal dengan tonase 151 gross ton itu diterjang ombak setinggi 2 meter. Sehingga, ombak menghantam lambung kiri kapal yang mengakibatkan air memasuki ruangan kapal.

“Kami sudah berusaha untuk mengeluarkan air dari dalam kapal dengan menggunakan enam unit pompa, namun tidak berhasil karena air terlalu banyak masuk ke dalam ruangan kapal, jadi kami putar balik ke arah Pulau Jemur dan meminta tolong pada nelayan,” kata Amir, ABK KM Camar 1, Rabu (1/7).

Baca Juga: Di Mata Kakak, Remaja yang Tenggelam di Laut adalah Anak yang Penurut

2. Sebanyak 9 awak selamat ditolong nelayan saat melintas

Diduga Cuaca Buruk, Kapal Motor Camar 1 Tenggelam di Selat MalakaIDN Times/Wayan Antara

Dalam peristiwa tersebut, 9 awak yakni Amir beserta 8 lainnya KM Camar 1 telah selamat, setelah ditolong nelayan yang melintas di lokasi kapal tenggelam.

Selanjutnya, para awak kemudian dibawa ke kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dan tiba pada malam hari.

3. Kejadian diduga karena cuaca buruk

Diduga Cuaca Buruk, Kapal Motor Camar 1 Tenggelam di Selat MalakaKapal Motor Camar 1 tenggelam di Selat Malaka (Dok.IDN Times/istimewa)

Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Afrizal Tanjung mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab karamnya KM Camar 1 untuk mengambil keterangan ABK kapal.

“Berdasarkan keterangan awak kapal, kejadian ini diduga karena cuaca buruk. Mengenai muatan kapal, semua sudah melewati prosedur dan diawasi pihak terkait,” kata Afrizal.

Baca Juga: Niat Hendak Menolong Bocah yang Tenggelam, Heriansyah Dijemput Ajal 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya