Aksi Buka Kedai 2.000 dan Komunitas Medan Bernalar Dapat DAAI Awards

Apresiasi DAAI TV untuk Penanggulangan COVID-19 di Indonesia

Medan, IDN Times - Dua narasumber DAAI TV, yaitu Satlantas Polres Serdang Bedagai (Sergei) dan Komunitas Medan Bernalar, terpilih sebagai penerima DAAI Awards pada peringatan HUT 14 tahun DAAI TV, yang diperingati pada tanggal 25 Agustus 2021. 

Sebuah inspirasi, Satlantas Serdang Bedagai mendapat apresiasi karena aksinya dalam membuka Kedai 2.000, untuk warga di sekitar Kabupaten Sergei yang terdampak pandemik COVID-19.

Baca Juga: 10 Fakta Jesselyn, Grand Finalis MasterChef Season 8 asal Medan

1. Setiap Jumat Kasat Lantas Polres Sergai ajak polisi untuk sedekah

Aksi Buka Kedai 2.000 dan Komunitas Medan Bernalar Dapat DAAI AwardsKasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Agung Basuni (Dok. Istimewa)

Kasat Lantas Polres Sergei, AKP Agung Basuni mengajak para polisi untuk bersedekah di setiap hari Jumat yang dananya digunakan untuk membeli bahan-bahan makanan yang dijual ke desa-desa dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp2ribu. Program ini sudah berlangsung sejak awal pandemic di tahun 2020 dan masih berlangsung hingga sekarang.

“Sekarang kita modifikasi sesuai kondisi, karena ada PPKM, jadi untuk menghindari penumpukan masyarakat yang ingn berbelanja, maka kami yang mendatangi dari rumah ke rumah. Kami punya sepeda motor yang berkeliling membawa bahan makanan ke daerah yang terisolir,” kata AKP Agung Basuni saat penyerahan award di kantor DAAI TV Medan. AKP Agung Basuni juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada DAAI TV yang telah memperhatikan aksi  sosial mereka dan memberikan apresiasi. 

“Kami tidak menyangka mendapat perhatian dari DAAI TV. Kami melakukan aksi Kedai 2000 ini karena prihatin dengan kondisi masyarakat yang kesulitan mendapatkan bahan makanan di saat pandemi. DAAI Awards ini membuat kami jadi lebih semangat lagi untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.” Ujar Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Agung Basuni. 

2. Komunitas Medan Bernalar dirikan sanggar pelita untuk bantu didik Sanggar Pelita

Aksi Buka Kedai 2.000 dan Komunitas Medan Bernalar Dapat DAAI AwardsAnggota Komunitas Medan Bernalar, Muhammad Hafizhan Armansyah (Dok. Istimewa)

Selain Satlantas Polres Serdang Bedagai, Komunitas Medan Bernalar yang mendirikan Sanggar Pelita untuk membantu pendidikan anak-anak di penggiran Sungai Deli Medan yang terdampak pandemi COVID-19 juga mendapatkan apresiasi dari DAAI TV.

Kondisi pandemik yang mengharuskan siswa belajar secara daring membuat banyak permasalahan di masyarakat marjinal yang tidak siap dengan metode daring ini, baik dari sisi ekonomi maupun dari pengetahuan tentang penggunaan internet dan smartphone untuk belajar.

Komunitas Medan Bernalar yang beranggotakan mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Medan, membuat kelas-kelas belajar secara terbatas kepada anak-anak, agar tetap dapat belajar dan mengikuti pelajaran di sekolah. 

“Terima kasih kepada DAAI TV yang telah memberikan apresiasi ini kepada Komunitas Medan Bernalar. Mudah-mudahan ini dapat menjadi penambah semangat kami dalam mengembangkan kelas-kelas belajar di daerah-daerah yang marjinal, yang membutuhkan bantuan relawan-relawan pengajar selama pandemi ini,” ungkap Muhammad Hafizhan Armansyah, perwakilan dari Komunitas Medan Bernalar ketika menerima DAAI Awards, di DAAI TV. 

3. Kategori Institusi, Komunitas dan Individu

Aksi Buka Kedai 2.000 dan Komunitas Medan Bernalar Dapat DAAI AwardsPenerimaan DAAI Award 2021, Anggota Komunitas Medan Bernalar Muhammad Hafizhan Armansyah (Dok. Istimewa)

CEO DAAI TV Hong Tjhin mengatakan ulang tahun Ke-14 DAAI TV tahun 2021 mengusung tema Indonesia Bangkit.

DAAI TV Indonesia memberikan penghargaan DAAI Awards kepada institusi, komunitas dan individu narasumber DAAI TV Medan dan Jakarta, yang turut berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 di Tanah Air.

Pemberian penghargaan ini juga menjadi bentuk dukungan DAAI TV atas gotong royong semua pihak yang sudah berkontribusi secara mandiri maupun kolektif agar Indonesia segera pulih dari dampak Covid19.

“14 tahun sudah DAAI memberi kontribusi untuk Indonesia lewat tayangan positif. Di masa pandemi ini, kami ingin memberikan apresiasi untuk mereka yang sudah mendedikasikan waktu, tenaga, pikiran dan juga bersumbangsih dana pribadi untuk berbagi pada sesama. Kami memilih beberapa narasumber DAAI TV dan institusi terkait sebagai penerima penghargaan, sebagai rasa terima kasih DAAI TV untuk rasa kemanusiaan, kesetiakawanan sosial, kepedulian dan empati mereka, yang juga mewakili nilai-nilai yang kami tanamkan di DAAI TV, yaitu bersyukur, menghormati dan cinta kasih,” kata Hong Tjhin. 

Untuk kategori Institusi, penghargaan diberikan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. 

“Penghargaan ini saya persembahkan kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi dan pengabdian mereka kepada bangsa dan Negara. TNI bersama POLRI dan semua elemen bangsa selalu siap menjadi ujung tombak dalam membantu masyarakat Indonesia”, demikian disampaikan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menerima plakat penghargaan yang diserahkan oleh CEO DAAI TV, Hong Tjhin.

4. Naungi pengusaha peduli NKRI, DAAI TV beri apresiasi pada Kadin

Aksi Buka Kedai 2.000 dan Komunitas Medan Bernalar Dapat DAAI AwardsPenerimaan DAAI Award 2021, Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Agung Basuni (Dok. Istimewa)

DAAI TV juga memberikan apresiasi kepada Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang menaungi Pengusaha Peduli NKRI yang sudah memberikan kontribusinya untuk bantuan-bantuan kemanusiaan dan kesehatan. Bantuan yang disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini terus berlangsung dari awal pandemi tahun lalu hingga kini.

“Penanganan pandemi menjadi tugas kita, dalam berbagai kapasitasnya masing-masing, untuk gotong royong bersama pemerintah, memulihkan kesehatan, serta membangkitkan ekonomi Indonesia,” demikian disampaikan oleh Ketua Kadin Arsjad Rasjid saat menerima penghargaan ini. 

5. Youtuber bagi makanan gratis para masyarakat melalui program warteg gratis

Aksi Buka Kedai 2.000 dan Komunitas Medan Bernalar Dapat DAAI AwardsPenerima DAAI Award 2021, Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Agung Basuni dan Anggota Komunitas Medan Bernalar Muhammad Hafizhan Armansyah berfoto bersama Manager Operasional DAAI TV Medan Tony Honkley dan staf DAAI TV Medan (Dok. Istimewa)

Untuk komunitas dan individu narasumber DAAI TV penerima awards, selain Satlantas Serdang Bedagai dan Komunitas Medan bernalar dari Medan, juga ada  Youtuber dan influencer Edho Pratama dari Jakarta, yang membagikan makanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui program Warteg Gratis.  

Yayasan Miftahul Hidayah yang berlokasi di Tangerang, Banten, juga menjadi penerima apresiasi di bidang pendidikan. Yayasan yang dirintis oleh Dedi Sukardi ini turut berkontribusi untuk memberikan kemudahan bagi anak-anak di pelosok Rumpin, Tangerang yang kesulitan mengikuti kelas online, karena keterbatasan teknologi dan sulitnya sinyal di daerah ini. Selain itu sekolah ini juga tidak memungut biaya sekolah sepeserpun pada para murid dan santrinya,   

Para penerima penghargaan kategori individu lainnya, adalah Binsar Manik di bidang kesehatan atas perjuangannya memerangi TBC di tengah pandemi, Dimas Jayasrana di bidang sosial dengan kontribusinya di Lumbung Pangan yang membagikan bahan makanan untuk warga yang membutuhkan.

Satlantas Polres Deli Serdang Bedagai (kategori sosial) dan Komunitas Medan bernalar (kategori pendidikan) yang merupakan narasumber DAAI TV Medan, juga mendapatkan apresiasi DAAI Award untuk aktivitas mereka di Sumatera Utara.

6. Bertema Indonesia Bangkit, Cinta Kasih Memberi Harapan

Aksi Buka Kedai 2.000 dan Komunitas Medan Bernalar Dapat DAAI AwardsPenerimaan DAAI Award 2021, Anggota Komunitas Medan Bernalar Muhammad Hafizhan Armansyah (Dok. Istimewa)

Penyerahan DAAI Awards yang akan ditayangkan pada tanggal 25 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB dan tanggal 29 Agustus 2021 (rerun) di jam yang sama. 

Event ini menghadirkan penampilan Lea Simanjuntak, penyanyi pop dan rohani Indonesia, yang terkenal dengan teknik seriosa dalam setiap penampilan panggungnya.

Diawal penampilannya, Lea membawakan lagu “Badai Pasti Berlalu” ciptaan Eros Djarot yang sarat makna tentang semangat hidup. Lea juga membawakan lagu “DAAI Mencerahkan Dunia” dan ditutup dengan penampilan “Indonesia Jiwaku”. 

Semangat perjuangan di bulan kemerdekaan juga turut hadir dalam lantunan lagu Nasional yang dibawakan oleh Satrio Lahskart dan Shabrina Leonita Finalis Voice of DAAI 2018. Lagu-lagu seperti, “Indonesia Pusaka” dan “Kebyar-Kebyar”.

Sesuai temanya Indonesia Bangkit, Cinta Kasih Memberi Harapan,  di usia Ke-14 Tahun, DAAI TV berharap dapat menjadi lentera bagi masyarakat dalam menumbuhkan semangat cinta kasih, gotong royong, toleransi, kesetiakawanan sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof.Dr. K.H. Ma’ruf Amin juga menyatakan harapannya agar DAAI TV senantiasa hadir menemani masyarakat Indonesia dengan program yang mengusung pesan cinta, kasih, kebajikan dan keindahan. “Kehadiran DAAI TV untuk merajut cinta kasih tak terbatas tentu sangat relevan dengan masyarakat Indonesia yang majemuk", demikian disampaikan Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Remaja Ini Tega Bunuh Ayah dan Kakak Kandung, Diduga Karena Uang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya