Akhyar Nasution Masih Dirawat karena COVID-19, Upacara Dipimpin Sekda

Kesehatan Akhyar yang terkena COVID-19 semakin membaik

Medan, IDN Times - Upacara Bendera memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia dilakukan Pemerintah Kota Medan dilakukan di Kantor Balai Kota Medan, Senin (17/8/2020). Kali ini Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution tak memimpin upacara.

Hal ini dikarenakan, Akhyar masih dalam tengah perawatan terpapar COVID-19. Upacara dipimpin Sekda Wirya.

1. Perkembangan kesehatan Akhyar semakin membaik

Akhyar Nasution Masih Dirawat karena COVID-19, Upacara Dipimpin SekdaPlt. Walikota Medan, Akhyar Nasution dalam perawatan terpapar COVID-19 (instagram @jejak.akhyar_nasution)

Menurut Edwin Effendi selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, mengatakan bahwa saat ini perkembangan Akhyar semakin membaik. Dalam sebuah video Akhyar 

“Pak Akhyar bagus, perkembangannya semakin membaik kita harapkan supaya cepat pulih,” ungkapnya.

2. Dinkes Kota Medan, belum ketahui hasil tes swab kedua Akhyar

Akhyar Nasution Masih Dirawat karena COVID-19, Upacara Dipimpin SekdaUpacara bendera merah putih HUT RI Ke-75 di pimpin oleh Sekda kota Medan sebagai pengganti Plt. Walikota Medan, Akhyar Nasution (Dok. Istimewa)

Soal rencana  Akhyar untuk swab ke-2, Edwin mengatakan penanganan tentang Akhyar akan diserahkan pada pihak rumah sakit.

“Itu nanti rumah sakit yang lakukan. Kita harus menyerahkan penanganan kepada rumah sakit sesuai wewenang dokter penanggung jawab pemeriksanya, untuk dilakukan penanganan,” ucapnya.

Baca Juga: Positif COVID-19, Plt Wali Kota Medan Akhyar Akui Alami Badai Sitokin

3. Edwin: Kelengkapan menjadi perhatian untuk setiap rumah sakit

Akhyar Nasution Masih Dirawat karena COVID-19, Upacara Dipimpin SekdaKepala Dinas Kesehatan kota Medan, Edwin Effendi saat menyatakan Plt. Walikota Medan Akhyar Nasution positif COVID-19 (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, baginya pihak rumah Sakit terus berbenah untuk kelengkapan ruang isolasi agar dapat memberikan pelayanan. “Jadi itu kelengkapan menjadi perhatian yang perlu dipertimbangkan di setiap rumah sakit,” ungkapnya.

4. Ini imbauan Sekda untuk warga kota Medan

Akhyar Nasution Masih Dirawat karena COVID-19, Upacara Dipimpin SekdaUpacara bendera merah putih HUT RI Ke-75 di pimpin oleh Sekda kota Medan sebagai pengganti Plt. Walikota Medan, Akhyar Nasution (Dok. Istimewa)

Sementara Sekda Medan Wirya Al Rahman saat membacakan pidato Plt Wali Kota Medan menegaskan agar warga mematuhi segala prokotol kesehatan. Bagi yang tak memakai masker dirinya menegaskan akan dilakukan denda Rp.100 ribu. Sesuai aturan yang berlaku untuk sanksi administrasi kota Medan.

“Sekarang kita merayakan 17 Agustus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75, dan kita berharap wabah COVID-19 berakhir di republik ini. Sehingga kita bisa membangun kembali dan normal kembali. Sehingga kita, bisa mengejar apa-apa yang kita rasa masih kurang, yang dikemudian hari. Sehingga bangsa ini lebih sejahtera dan maju dan aman dengan segala hal-hal yang merugikan republik ini,” ucap Wiriya.

“Kita punya perwal 27 tahun 2020 di Perwal itu sudah mengatur sanksi-sanksi yaitu teguran lisan, tertulis maupun sanksi-sanksi administrasi. Tapi dengan terbitnya InPres nomor 6 tahun 2020 dan adanya di Pergub juga kita diminta untuk menambah sanksi yaitu sanksi materi. Apabila seseorang sudah melakukan kesalahan atau tidak mematuhi aturan 3 kali tak memakai masker di depan umum. Maka dia diberi sanksi materi berupa denda Rp100 ribu bagi yang tak mematuhi aturan ke tiga kalinya," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Wujud Uang Rp75 Ribu yang Resmi Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya