Tapteng Tak Lagi Kebal Corona, 2 Warga Positif COVID-19

1 Pasien berstatus petugas kesehatan RS FL Tobing Sibolga

Tapanuli Tengah, IDN Times - Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara tak lagi 'kebal' virus corona. Itu setelah dua warga Tapteng dikabarkan terpapar COVID-19. Kabar ini adalah kasus yang pertama terjadi di wilayah Pantai Barat Sumatera itu. Sebelumnya Tapteng termasuk 7 kabupaten/kota tersisa yang masih berstatus zona hijau. 

Menurut informasi yang diterima, kedua pasien tersebut merupakan pasangan suami istri. Kepala Dinas Kesehatan Tapteng, Nursyam menyebut, dalam kasus ini NYH (29) adalah warga Kecamatan Pandan.

1. Kasus pertama di Tapteng. Sebelumnya di Tapteng ada PDP yang meninggal

Tapteng Tak Lagi Kebal Corona, 2 Warga Positif COVID-19Ilustrasi Pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Luis Gonzalez)

NYH adalah korban pertama yang terpapar positif COVID-19.  "Pasien merupakan petugas kesehatan di IGD RSU FL Tobing Sibolga," jelasnya, Kamis (25/6).

Nursyam menyebut, sebelumnya pasien sempat menjalani perawatan di RSU FL Tobing. Saat itu, NYH mengalami keluhan sakit perut.

"Pasien masuk RS tanggal 17 (Juni) yang lalu, namun sampai tanggal 20 kondisi nya tidak kunjung membaik. Pasien mulai mengalami gejala demam, batuk, sakit kepala, mual dan nyeri ulu hati," jelasnya.

Sebelumnya beberapa bulan lalu ada pasien yang meninggal asal Tapteng. Tapi berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Baca Juga: Tapteng Waspadai Arus Mudik dari Daerah Penyebaran Transmisi Lokal

2. Pasien awalnya didiagnosa demam Thypoid

Tapteng Tak Lagi Kebal Corona, 2 Warga Positif COVID-19Ilustrasi pasien tes swab (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Melihat kondisi itu, kata Nursyam kemudian pihak RSU FL Tobing melakukan pemeriksaan rapid test terhadap NYH. Pasien didiagnosa demam Thypoid. "Hasilnya reaktif COVID-19, kemudian ditetapkan menjadi PDP," katanya.

Nursyam menjelaskan, sejak menjalani perawatan, kondisi korban tak kunjung membaik. Kemudian, NYH diputuskan untuk dirujuk ke RSU Tarutung.

Dari sana, pemeriksaan swab Tes Cepat Molekuler (TCM) pun dilakukan terhadap NHY. "Selasa yang lalu, pasien dinyatakan positif COVID-19," terangnya.

 

3. Pria yang mendampingi pasien juga positif

Tapteng Tak Lagi Kebal Corona, 2 Warga Positif COVID-19Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Tidak sampai disitu, kata Nursyam, pihak RSU Tarutung kemudian melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang pria yang mendampingi pasien.

Dalam pemeriksaan itu, pria yang tak disebutkan namanya dinyatakan positif COVID-19. "Sama, hasilnya melalui Swab TCM," jelasnya.

Menurut informasi, saat ini tim Gugus Tugas Tapteng telah melakukan berbagai upaya pencegehan pasca dua warga dinyatakan positif COVID-19.

Teranyar, ada 6 orang anggota keluarga NYH telah menjalani tes cepat yang dilakukan oleh tim gugus tugas Tapteng. Selain itu, penyemprotan Disinfektan juga telah dilakukan di rumah dan tetangga pasien.

Baca Juga: Tangani Corona, Pemkab Tapteng Alokasikan Dana Sebesar Rp16 Miliar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya