Pedagang Sering Kemalingan, Direktur SDM Pasar Horas Diadukan ke DPRD 

Imran Simanjuntak: Aku gak takut

Pematangsiantar, IDN Times - Gara-gara kios sering kemalingan, organisasi pedagang Pasar Horas Pematangsiantar yang mengatas namakan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) mengadukan Direktur SDM Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) Imran Simanjuntak ke DPRD Siantar. 

Surat pengaduan bernomor 65/ORG/DPD-P4B/II/2020 itu disampaikan langsung ke Sekretariat DPRD Siantar, Rabu (12/2). Selanjutnya surat itu diteruskan ke pimpinan dewan untuk ditindaklanjuti . 

1. Kios di Pasar Horas kerap kemalingan

Pedagang Sering Kemalingan, Direktur SDM Pasar Horas Diadukan ke DPRD Kios pasar horas (Istimewa)

Ketua P4B Nobel Marpaung mengatakan, laporan mereka ke DPRD Siantar buntut dari tidak digubrisnya pengaduan mereka ke Direktur SDM PDPHJ terkait seringnya kios di Pasar Horas kemalingan. 

"Pembongkaran kios ini sudah sering kami sampaikan ke Bapak Imran Simanjuntak. Tapi, tidak ada tindaklanjut," kata Nobel. 

Baca Juga: [BREAKING] Ricuh Rutan Kabanjahe, 10 Provokator Diperiksa Intensif

2. Pedagang dan Direktur SDM pernah gelar pertemuan

Pedagang Sering Kemalingan, Direktur SDM Pasar Horas Diadukan ke DPRD Pedagang pasar horas membawa surat laporan (IDN Times/Gideon Aritonang)

Dikatakan Nobel, pada 15 Desember 2019 lalu, pedagang dan Direktur SDM PDPHJ Imran Simanjuntak sudah menggelar pertemuan. Dalam pertemuan itu disepakati komitmen menjaga keamanan di Pasar Horas. 

"Tindak lanjut pertemuan itu, kami surati lagi untuk membahasnya. Dua kali kami surati, tanggal 15 Januari dan 1 Februari. Tapi, Bapak Imran Simanjuntak tidak menghiraukan," terangnya. 

Selang beberapa waktu kemudian, kios pedagang di Pasar Horas kembali dibobol maling lagi.

"Kejadian ini juga sudah kami sampaikan ke Bapak Imran Simanjuntak. Tidak ada perhatian dan solusi. Tidak ada ketegasan untuk memanggil petugas jaga (kios)," bebernya. 

3. Retribusi keamanan pedagang dipersoalkan

Pedagang Sering Kemalingan, Direktur SDM Pasar Horas Diadukan ke DPRD Retribusi pedagang pasar horas (IDN Times/Gideon Aritonang)

Menurut Nobel, atas kejadian itu, retribusi kios yang diberikan pedagang kepada PD PHJ seakan tidak berarti. Sebab, PD PHJ tidak bisa memberikan kenyamanan dan ketertiban kepada para pedagang.

Oleh karena itu, P4B meminta DPRD memanggil Imran Simanjuntak untuk dimintai penjelasan nya.

"Kami mengadukan Bapak Imran Simanjuntak karena dia yang membawahi sumber daya manusia yang ada di PD PHJ. Kami menduga, pegawai terlibat dalam pembobolan kios ini," ucapnya.

4. Imran Simanjuntak: Aku gak takut

Pedagang Sering Kemalingan, Direktur SDM Pasar Horas Diadukan ke DPRD Dirut SDM PD PHJ Imran Simanjuntak (Istimewa)

Menangapi hal tersebut, Imran Simanjuntak ketika dikonfimasi tidak mempermasalahkan pengaduan tersebut. "Nggak masalah. Aku nggak takut kalau nggak berbuat jahat," katanya.

Imran menjelaskan, selama ini pihaknya sudah melakukan antisipasi atas kasus-kasus pencurian itu. Sala satunya menyiagakan petugas jaga malam.

"Ada 40 petugas jaga malam. Tiap malam ada 28 yang bertugas. Masing-masing 7 orang di setiap gedung (Pasar Horas)," jelas nya.

5. CCTV rencananya akan dipasang

Pedagang Sering Kemalingan, Direktur SDM Pasar Horas Diadukan ke DPRD Ilustrasi CCTV. IDN Times/Mia Amalia

Imran menerangkan, PD PHJ sudah merencanakan pemasangan kamera pengintai atau CCTV di Pasar Horas.

"Tahun 2020 sudah dianggarkan untuk CCTV," ucapnya.

Menurut Imran, kasus pencurian ini merupakan penyakit masyarakat.

"Kalau 7 orang per gedung yang jaga malam itu sudah memadai. Tapi kan maling sudah lebih pintar sekarang. Antisipasi sudah kita lakukan. Petugas jaga malam itu selalu patroli," terangnya.

Baca Juga: Buron 11 Tahun, Henry Koruptor Pembangunan Pasar Horas Ditangkap 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya