DPRD Siantar Usulkan Anggaran Perjalanan Dinas untuk Tangani Corona

Ide ini diusulkan oleh Fraksi Golkar

Pematangsiantar, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar Mangatas M Silalahi mengusulkan anggaran belanja untuk perjalanan dinas DPRD Siantar dialihkan untuk penanganan COVID-19 atau virus corona. 

Ketua DPD Partai Golkar Kota Siantar ini mengatakan, momentum ini dijadikan anggota dewan sebagai pembuktian empati terhadap pihak-pihak yang menjadi garda terdepan pencegahan dan penanganan virus corona. 

1. Biaya reses setiap anggota dewan juga diusulkan dialihkan

DPRD Siantar Usulkan Anggaran Perjalanan Dinas untuk Tangani CoronaAnggota DPRD Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Secara nasional, kata Mangatas sudah terjadi penggalanangan dana. Sementara untuk daerah, masih kata dia terajadi keterbatasan dana. Selain anggaran perjalanan dinas, dana reses juga diminta untuk dialihkan. 

“Ini saatnya kita harus empati. Saya juga berharap teman-teman di DPRD sepakat dengan hal ini. Kan, dengan kondisi seperti ini, anggaran tersebut juga tidak bisa digunakan," katanya, Senin (30/3)

Baca Juga: [UPDATE] 2 Orang PDP COVID-19 di Siantar, ODP Jadi 493

2. Pengalihan biaya perjalanan dinas akan sangat membantu tenaga medis

DPRD Siantar Usulkan Anggaran Perjalanan Dinas untuk Tangani CoronaRapat paripurna DPRD Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Dana anggaran perjalanan dinas anggota DPRD Siantar bernilai miliaran rupiah, namun uang itu sebagian sudah terpakai. Mangatas mengaku tidak mengetahui pasti jumlah sisa anggaran tersebut. 

“Yang pastinya itu anggaran miliaran, pasti akan sangat membantu untuk petugas medis dan dokter untuk penanganan,” ujarnya. 

3. Banyak anggota DPRD yang gajinya dipotong karena utang

DPRD Siantar Usulkan Anggaran Perjalanan Dinas untuk Tangani CoronaAnggota DPRD Siantar mengajukan hak angket (IDN Times/Gideon Aritonang)

Rencana pemotongan gaji anggota DPRD Siantar mungkin susah terealisasi. Sebab banyak anggota DPRD Siantar yang melakukan peminjaman uang di bank, dan setiap bulan akan dipotong.

"Itulah kendala kalau kita bilang gaji dewan disumbangkan. Baiknya, anggaran perjalanan dinas dan reses itu saja,” jelasnya.

Mangatas juga mengaku ide tersebut telah disetujui Fraksi GolkarDPRDSiantar. 

Baca Juga: Dinyatakan Sehat, 4 PDP COVID-19 di Simalungun Dipulangkan 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya