Direstui AHY, Demokrat Usung Asner-Susanti Maju Pilkada Siantar 2020

Pilkada Siantar digelar 9 Desember 2020

Pematangsiantar, IDN Times - Menjelang Pemilihan Kepal Daerah (Pilkada) Kota Siantar, partai-partai mulai kembali melirik bakal calon yang akan diusung untuk memimpin Kota Sapangambei Manoktok Hite  5 tahun ke depan. 

Teranyar dikabarkan pasangan Asner Silalahi dan dr Susanti Dewayani mendapat rekomendasi dari Partai Demokrat. Surat rekomendasi diberikan langsung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono pada Senin (22/6).  

1. Demokrat Siantar belum menerima salinan rekomendasi

Direstui AHY, Demokrat Usung Asner-Susanti Maju Pilkada Siantar 2020(Ilustrasi logo Partai Demokrat) Screen shot Youtube

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Siantar Ilham Sinaga membenarkan kabar tersebut. Ilham yang dihubungi, Selasa (23/6) mengatakan surat yang diterima pasangan Asner-Susanti itu benar rekomendasi dari partai berlambang merci. 

Saat ini, kata Ilham, Partai Demokrat Siantar belum menerima salinan surat rekomendasi. "(Salinan surat rekomendasi) belum. Nanti mungkin petunjuk selanjutnya, mungkin minggu depan. Ya menunggu mereka (Asner-Susanti) pulang lah," ujarnya. 

DPC Partai Demokrat Kota Siantar, lanjut Ilham menerima informasi resmi rekomendasi tersebut baru pagi tadi. "Sebenarnya tadi pagi lah dibilang. Tapi dari semalam sore memang sudah beredar isu-isu itu," ucapnya. 

Baca Juga: Pemkab Siapkan APD dan Barang Senilai Rp12 M untuk Pilkada Simalungun

2. Partai koalisi akan dibicarakan bersama DPD dan pasangan calon

Direstui AHY, Demokrat Usung Asner-Susanti Maju Pilkada Siantar 2020Bakal Calon Wali Kota Siantar Asner Silalahi (Dok. Istimewa)

Partai Demokrat memiliki 3 kursi di DPR Siantar. Sementara untuk maju di Pilkada Siantar, pasangan Asner-Susanti harus menggaet partai lain agar memenuhi minimal 6 kursi sebagai syarat mengikuti pertarungan pada 6 Desember 2020 mendatang. 

Ilham Sinaga mengaku belum bisa memastikan partai mana yang akan berkoalisi dengan mereka. Ia berujar masih menunggu petunjuk DPP yang kemudian dirapatkan bersama DPD serta pasangan calon. 

"Karena pembicaraan di sana (DPP) kita gak ikut. Nanti setelah dipanggil DPD, dipanggil dengan pasangan calon, baru kita berbicara apa sebenarnya pembicaraan mereka (Asner-Susanti, red) di DPP," terangnya. 

3. Pendaftaran pasangan calon 4-6 September 2020

Direstui AHY, Demokrat Usung Asner-Susanti Maju Pilkada Siantar 2020Ketua KPU Kota Siantar Daniel Sibarani (Dok. Istimewa)

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar Daniel Sibarani mengatakan, pengumuman pendaftaran pasangan calon dimulai 28 Agustus 2020 hingga 3 September 2020. Kemudian pendaftaran pasangan calon 4-6 September 2020. 

"Selanjutnya verifikasi persyaratan pencalonan dan syarat calon. Dan kemudian ada tahap tanggapan dan masukan masyarakat," katanya. 

Untuk jadwal penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematang Siantar jatuh ditanggal 23 September 2020. Keesokan harinya akan diadakan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon. 

Di sela itu juga berlangsung sengketa Tata Usaha Negara pemilihan. Selanjutnya pengajuan permohonan sengketa di Bawaslu Siantar dan perbaikan permohonan sengketa yang berlangsung masing-masing selama 3 hari sejak keputusan KPU ditetapkan. 

Baca Juga: PPS Akhirnya Dilantik, Pilkada Binjai Akan Digelar 9 Desember 2020

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya