Antisipasi Virus Corona, Polda Sumut Racik Hand Sanitizer Sendiri

Cairan diberikan kepada seluruh personel

Medan, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) meracik anti septik hand sanitizer sendiri untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) di lingkungan kerja, pada Kamis (19/3). Pengerjaan dilakukan oleh Tim Labfor yang dipimpin Kompol Debora M Hutagaol.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, bahan hand sanitizer yang dibuat terdiri dari bahan-bahan yang sesuai standar formula dari WHO.

"Bahannya yakni  Etanol, Gliserol atau Gliserin, H2O2 dan Aquades," kata Tatan melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Hand sanitizer akan diproduksi sebanyak dua ribu botol

Antisipasi Virus Corona, Polda Sumut Racik Hand Sanitizer SendiriPersonel Polda Sumut saat mengemas cairan anti septik hand sanitizer ke dua ribu botol (Dok: Humas Polda Sumut)

Tatan menjelaskan, cairan hand sanitizer nantinya akan dikemas di dalam botol berukuran 50 mililiter. Targetnya cairan diproduksi sekitar dua ribu botol.

Nantinya, hand sanitizer yang diproduksi akan dibagikan kepada seluruh personel Polda Sumut. "Ini adalah salah satu langkah antisipasi penularan virus Corona di lingkungan Mapolda," ucap Tatan.

Baca Juga: Pemprov Sumut Bikin Rapid Test Corona, USU Pasok Hand Sanitizer

2. Polda Sumut juga meracik cairan disinfektan sendiri

Antisipasi Virus Corona, Polda Sumut Racik Hand Sanitizer SendiriTim Bid Dokkes Polda Sumut saat meracik cairan disinfektan (Dok: Humas Polda Sumut)

Penciptaan anti septik ini adalah salah satu bentuk upaya Polda Sumut ikut terlibat dalam pencegahan dan penularan virus Corona. Selain itu, Polda Sumut juga telah menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masuk di markas komando (Mako).

Tujannya agar personel dan tamu yang masuk ke lingkungan Mako agar tetap terjaga kebersihan tangannya.

"Selain hand sanitizer, kita juga meracik cairan disinfektan untuk disemprotkan secara intensif ke tubuh personel dan masyarakat yang datang," ujar Tatan.

3. Masyarakat yang datang ke Polda Sumut juga disemprot cairan disinfektan

Antisipasi Virus Corona, Polda Sumut Racik Hand Sanitizer SendiriKabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja ketika disemprotkan cairan disinfektan (Dok: Humas Polda Sumut)

Lebih lanjut Tatan menjelaskan, cairan disinfektan yang dihasilkan terus digunakan untuk menyemprot ke seluruh personel, pada Kamis (19/3) selesai apel pagi. Kegiatan dilakukan atas perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin agar semua personil dan ruang kerja tetap bersih dan terhindar dari virus Corona.

"Selain personel, masyarakat yang datang turut disemprotkan cairan disinfektan dan dicek suhu tubuhnya," pungkas Tatan.

Baca Juga: Warga Gotong Royong Bagikan Ratusan Hand Sanitizer dan Masker di Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya