World Cleanup Day 2019, Sumut Targetkan 3 Juta Orang Bersih-bersih

Ada 3 titik WCD di Tapteng tahun ini dan 4 titik di Sibolga

Tapanuli Tengah, IDN Times - Tanggal 21 September merupakan aksi bersih-bersih yang digelar setiap tahunnya. Aksi yang dinamakan World Cleanup Day (WCD) ini akan diikuti oleh ratusan negara di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari Mongabay, pada tahun 2018, ada sebanyak 13 juta ikut menjadi partisipan. 144 negara pun dilibatkan dalam aksi global ini. Termasuk Indonesia.

Di Indonesia dikabarkan sebanyak 34 provinsi akan serentak mengikuti even tahunan tersebut. Dan 3,3 juta orang pun turut menjadi partisipan.

1. Tahun 2019 aksi WCD akan berlangsung di Sumut

World Cleanup Day 2019, Sumut Targetkan 3 Juta Orang Bersih-bersihDok.IDN Times/istimewa

Tahun 2019 aksi serupa akan kembali berlangsung, termasuk Provinsi Sumatera Utara. WCD menargetkan sebanyak 3 juta partisipan.

"Ada sekitar 18 Kabupaten yg berpartisipasi dalam aksi WCD di Sumatera Utara," kata Leader WCD Sumut, Tiara Ayu Andani kepada wartawan, Senin (16/9).

Menurut dia persiapan terus dilakukan tim di berbagai daerah. Untuk beberapa daerah, dukungan juga datang dari para kepala daerah.

"Juga dinas Pendidikan Provinsi Sumut membantu dalam hal memberikan himbauan ke semua sekolah se Sumut untuk ikut serta dalam aksi positif ini," imbuh Tiara.

2. Di wilayah Pantai Barat Sumut, ada 2 Kabupaten dan 1 Kota yang menjadi partisipan

World Cleanup Day 2019, Sumut Targetkan 3 Juta Orang Bersih-bersihDok.IDN Times/istimewa

Di wilayah Pantai Barat, sedikitnya 3 Kabupaten dan Kota menjadi partisipan yakni Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Tapanuli Utara.

"Persiapan sudah dimulai sejak sebulan lalu, mulai dari penunjukan leader, pembentukan Coreteam dan penjaringan relawan atau voluntir," ungkap Leader WCD Tapanuli Tengah, Afrizal Prima Akhir Pohan.

Di Tapanuli Tengah tahun ini menjadi yang ketiga kali WCD digelar 2018 lalu, dilakukan di satu titik saja.

"Tahun ini rencana akan berlangsung di 8 titik di Tapanuli Tengah, pematangan kegiatan terus kita lakukan, kita apresiasi banyak yang dukung, termasuk pemerintah setempat," ungkapnya.

Baca Juga: Ada 3 Jenis Penyakit Malaria Ditemukan di Pulau Mursala

3 Di Sibolga, aksi WCD dilakukan di 4 titik

World Cleanup Day 2019, Sumut Targetkan 3 Juta Orang Bersih-bersihDok.IDN Times/istimewa

Terpisah, Nofi Kristanti Ndruru, Leader WCD Sibolga menuturkan, titik aksi bersih WCD di kota itu direncanakan berlangsung di 4 titik terpisah.

"Rencana awal ada empat titik, tapi kita akan terus evaluasi perkembangan jumlah relawan yang ada, yang pasti akan dilakukan di Pantai Ujung Sibolga (Pajus) dan Pelabuhan Lama, ini akan jadi titik utama WCD," ungkapnya.

Soal target relawan, Nofi menyebut tak mau muluk-muluk. Pihaknya akan merangkul sebanyak-banyaknya relawan yang ingin berpartisipasi.

"Tentu aksi ini merupakan aksi moral dan butuh kesadaran dan bukan paksaan, bersih itu adalah modal masa depan, kita bergerak dan merangkul dengan modal kesadaran, itu yang terpenting," ucapnya.

4. Aksi WCD baru pertama kali dilakukan di Taput

World Cleanup Day 2019, Sumut Targetkan 3 Juta Orang Bersih-bersihIDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, Leader WCD Tapanuli Utara Paska Soritua Marbun mengaku mendapat apresiasi baik dari lintas pihak di Kabupaten tersebut.

"Ada komunitas, ada sekolah dan ada juga dari individu, baguslah responnya," kata Paska dihubungi lewat telepon.

Dia menuturkan, di Tapanuli Utara, aksi WCD baru pertama kali digelar. Kendati hal baru, Paska dan tim mengaku bersemangat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

"Bagi saya dan tim, ini merupakan misi kemanusiaan, dunia sudah kotor dengan sampah. Membersihkannya harus dimulai sedini mungkin dan dari diri sendiri. Masa depan dunia ke depan ada di tangan kita, nah mewariskan hal-hal baik adalah tugas kemanusiaan," kata Paska.

5. Aksi WCD diharapkan didukung oleh pemerintah Taput

World Cleanup Day 2019, Sumut Targetkan 3 Juta Orang Bersih-bersihIDN Times/Humas Bandung

Terkait titik aksi WCD, Wakabid Sarinah GMNI Tapanuli Utara ini menyebut direncanakan akan digelar di 5 titik terpisah, yakni Air soda di Desa Parbubu 1, Tanggul sekitarnya, Pinggir pajak Tarutung, Terminal Siborong-borong dan Pelabuhan Muara. "Titik utama WCD di Tanggul," kata Paska.

Dia berharap aksi ini mendapat dukungan banyak pihak, terutama pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Kesadaran bersih dari sampah, menurutnya harus terus ditularkan terutama oleh pemerintah.

"Kami yakin pemerintah tentu akan mendukung aksi ini, kebaikan ini akan menjadi manfaat besar, apalagi bisa didorong menjadi sebuah gerakan kesadaran," tutupnya.

Baca Juga: Berusia 27 Tahun, Willy Silitonga Ditunjuk Jadi Pimpinan DPRD Tapteng

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya