Wakil Sumut di FLS2N, Murid Kelas 5 SD Promosikan Wisata Lewat Gambar

Murid kelas 5 SD asal GPS Binjai

Binjai, IDN Times - Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan pelajar asal Kota Binjai, Afiza Hisqia Lubis. Murid kelas 5 sekolah dasar (SD) yang saat ini menimba ilmu di Yayasan Pendidikan Great Prime School (GPS), Kota Binjai memastikan dirinya tampil mewakili Sumatera Utara pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019, yang akan digelar di Kota Tangerang, Banten, 15-21 September mendatang.

Raihan istimewa itu diraih Qia usai menyabet gelar juara pertama di ajang FLS2N 2019 tingkat Sumatera Utara untuk kategori SD pada cabang seni gambar bercerita, yang sebelumnya digelar di Kota Brastagi, Kabupaten Karo, 26-28 Agustus lalu.

FLS2N 2019 untuk kategori pelajar SD sendiri mengagendakan perlombaan atas lima cabang seni. Kelimanya antara lain, menyanyi (vokal), pantomim, tari daerah, menganyam (kriam), dan menggambar bercerita.

1. Bertekad promosikan potensi wisata Sumut

Wakil Sumut di FLS2N, Murid Kelas 5 SD Promosikan Wisata Lewat GambarDok.IDN Times/istimewa

Ditemui di sekolahnya, Afiza Hisqia Lubis yang akrab disapa Qia itu mengaku di ajang FLS2N 2019 nanti, dia bertekad mempromosikan sejumlah potensi dan ikon wisata di Sumatera Utara melalui karya gambar bercerita.

Apalagi saat menjuarai even FLS2N 2019 tingkat Sumatera Utara, putri sulung dari dua bersaudara buah pernikahan pasangan suami-istri, Amri Lubis dan Nurlela Saragih, sukses menarik perhatian dewan juri dengan karya gambar bercerita berjudul "Berjalan-Jalan di Sumut".

"Kebetulan inspirasi Qia muncul waktu diajak ayah jalan-jalan ke Istana Maimun, Masjid Raya Medan, melihat Tarian Tepak Sirih, hingga ikut wisata petik jeruk di Brastagi, melihat Kuil Taman Alam Lumbini, Rumah Adat Karo, dan Lompat Batu Nias,” ujarnya.

Baca Juga: Afiza Hisqia Lubis, Wakil Binjai di Festival Lomba Seni Siswa Nasional

2. Pemprov Sumut apresiasi prestasi Qia

Wakil Sumut di FLS2N, Murid Kelas 5 SD Promosikan Wisata Lewat GambarDok.IDN Times/istimewa

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Wakil Gubernur, Musa Rajekshah, memberikan apresiasi khusus atas prestasi Afiza Hisqia Lubis. Dia bahkan siap memberikan dukungan dalam bentuk moril dan materil, terkait keikutsertaan pelajar terkait di ajang FLS2N 2019.

Apalagi dia menilai, karya-karya gambar bercerita milik Qia secara langsung menunjukan kepekaannya terhadap keanekaragaman khasanah budaya, kekayaan sumber daya alam, serta potensi ekonomi dan pariwisata yang ada di Sumatera Utara.

“Siapapun pelajar yang berprestasi, wajib kita dukung. Agar nantinya mereka bisa berkontribusi bagi kemajuan Sumatera Utara," kata Ijeck saat menerima audiensi Yayasan Pendidikan Great Prime School, Kota Binjai, di ruang kerjanya, Kamis (12/9).

3. Berharap Qia hasilkan karya seni terbaik

Wakil Sumut di FLS2N, Murid Kelas 5 SD Promosikan Wisata Lewat GambarDok.IDN Times/istimewa

Secara terpisah, Kepala SD Yayasan Pendidikan Great Prime School, Kota Binjai, Angela YL Tobing  mengaku bangga atas pencapaian Afiza Hisqia Lubis. Apalagi dia sama sekali tidak menyangka, anak didiknya itu mampu lolos hingga level nasional.

"Tentu saja kami merasa bangga. Sebab prestasi Qia diharapkan menjadi motibasi bagi teman-temannya yang lain, dan mendongkrak popularitas sekolah," terang Angela, di hadapan Ketua dan Sekretaris Yayasan Panca Mitra Karya, Sukiwi Tjong dan Aminullah, Sabtu (14/9).

Secara khusus dia juga mengapresiasi peran dan dukungan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai dan Pemprovsu dalam membangun sistem pendidikan yang kompetitif, serta berharap, Afiza Hisqia Lubis mampu tampil optimal di ajang FLS2N 2019 dan menghasilkan karya seni terbaiknya.

Baca Juga: Hujan Deras dan Angin Kencang, 3 Rumah di Binjai Rusak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya