Universitas Nommensen Siantar Gelar Olimpiade Matematika Tingkat SMA

Sediakan beasiswa untuk empat pemenang

Pematangsiantar, IDN Times - Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar menggelar Olimpiade Matematika tingkat SMA sederajat se-Sumatera Utara. Gawean itu akan digelar, Sabtu (15/2) di Kampus Nommensen Pematangsiantar.

Ketua LPPMB Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Dr. Hotman Simbolon mengatakan, matematika merupakan dasar ilmu pengetahuan yang memiliki peran penting.

Ketua Panitia Yoel Purba menjelaskan bahwa pendaftaran telah dimulai sejak tanggal 22 Januari sampai dengan 10 Februari 2020, sedangkan biaya pendaftaran hanya Rp75 ribu. "Dan yang pasti, semua peserta dapat soal, sertifikat dan snack," kata Yoel.

1. Agar millennial mampu kritis dengan matematika

Universitas Nommensen Siantar Gelar Olimpiade Matematika Tingkat SMApixabay/geralt

Dengan belajar matematika, lanjut Hotman, kaum millenial sebagai generasi penerus bangsa akan mampu berpikir logis kritis, sistematis dan konsisten serta membentuk pribadi yang kreatif dan inovatif.

Kendati demikian, realita yang dihadapi saat ini sebagian besar peserta didik mengangggap bahwa matematika merupakan ilmu yang sangat menjenuhkan. Hal itu cenderung membuat siswa SMA sederajat sedikit berprestasi di bidang matematika.

Baca Juga: Proyek Rp1,7 M, Polres Siantar Selidiki Dugaan Korupsi Pasar Tozai 

2. Nilai Ujian Nasional (UN) matematika cenderung rendah

Universitas Nommensen Siantar Gelar Olimpiade Matematika Tingkat SMAIlustrasi (IDN Times/Aan Pranata)

Kecenderungan itu dapat dilihat dari rata-rata nilai ujian nasional mata pelajaran matematika yang secara umum menunjukkan angka signifikan. Biasanya nilai mata pelajaran ini lebih rendah dibanding dengan mata pelajaran lainnya.

Hotman bilang, Olimpiade Matematika, salah satu bentuk pendekatan untuk membangkitkan kecintaan paserta didik terhadap matematika.

"Belajar matematika itu begitu asyik dan menyenangkan. Kita punya cara atau metode memudahkan siswa-siswi, kaum millenial belajar matematika," ujar Hotman.

3. Siapkan beasiswa untuk peringkat 1-4

Universitas Nommensen Siantar Gelar Olimpiade Matematika Tingkat SMAinstagram.com/spmbperbanas

Sementara itu Ketua Panitia Yoel Purba mengatakan, persyaratan mengikuti olimpiade matematika adalah siswa-siswi SMA atau sederajat di wilayah Sumatera Utara, lalu mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan fotocopy kartu pelajar dan foto berwarna 3x4 2 lembar memakai seragam sekolah.

"Adik-adik pelajar SMA, yuk ikut olimpiade matematika. Adik-adik juga bisa download formulir dengan mengunjungi kami https://umaclppmbuhkbpn.wordpress.com/. Jangan sampai ketinggalan, buruan," imbuhnya.

Selain memperebutkan piala Rektor UHKBPNP bagi peserta yang berhasil memenangi olimpiade ini akan mendapatkan tropy penghargaan, uang pembinaan dan beasiswa. "Peringkat I sampai dengan IV dapat beasiswa dari UHKBPNP. Untuk peringkat I sampai X dapat tropy penghargaan dan uang pembinaan," terang Yoel.

Baca Juga: Perampok Bersenjata Api Teror Siantar, Polisi Sulit Lidik Tanpa CCTV

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya