UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar

Bisa menghemat biaya listrik

Medan, IDN Times – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar Kabupaten Deli Serdang seluas 2500 hektare. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Bidang Pengabdian Masyarakat, Rimbawati mengungkapkan, nantinya PLTS yang dibangun akan meminimalkan pembayaran listrik setiap bulan untuk objek wisata tersebut.

“Mereka sekarang ini satu bulan hampir Rp2 juta biaya untuk listriknya, nah kalau ada itu setidaknya 80 persen sudah bisa ditekan artinya bisa saving BUMDes-nya,” kata Rimbawati.

1. UMSU berhasil memperoleh dana hibah penelitian Kemenristekdikti Rp150 juta per tahun

UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharKampung wisata desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

UMSU berhasil meloloskan program pengembangan desa mitra atau PPDM yang diajukan pada tahun 2019 untuk pendanaan tahun 2020-2022 memperoleh dana hibah penelitian dari Kementrian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebesar Rp150 juta per tahun.

“Alhamdulillah ternyata program itu disetujui oleh Kementrian satu minggu yang lalu baru pengumuman maka projek itu harus segera berjalan. Dana hibah program pengembangan Desa mitra itu standarnya Rp150 juta per tahun” ujarnya.

2. Berawal mencari industri Batik

UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharKetua LPPM Leilia Khairani bersama Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM UMSU, Rimbawati (IDN Times/Yurika Febrianti)

Rimbawati mengatakan mendapatkan Desa Pematang Johar berawal mencari industri batik dan ternyata di Desa tersebut memproduksi industri Batik sawah yang dikembangkan. Setelah peninjauan Rimbawati selaku ketua program Desa mitra dengan anggota Mohammad Yusri, Zulkifli Siregar dan Muhammad Alqomary melihat bahwa Desa Pematang Johar memiliki potensi yang bisa digali dengan hamparan sawah.

“Terbesit kepala Desa itu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjadikan itu sebagai objek wisata. Karna bidang saya energi terbarukan, saya mengusulkan subsidi untuk objek wisata tersebut energi pembangkit listrik dari tenaga surya, akhirnya kita desain dan kita usulkan Kemenristekdikti. Alhamdulillah ternyata didanai dan projeknya itu nanti akan berjalan per 1 Februari sampai Desember 2020,” jelasnya.

3. Tidak hanya suplai energi, UMSU juga mengelola dan mendampingi BUMDes

UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharKetua LPPM Leilia Khairani bersama Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM UMSU, Rimbawati (IDN Times/Yurika Febrianti)

Banyak hal yang akan dikerjakan bersama timnya Rimbawati mendapat banyak support dalam program Desa mitra yang dikelola nya. Dengan dukungan pihak Universitas Rektor UMSU Agussani bekerjasama dengan Pemerintah daerah, Desa, juga memberi support dalam projek tersebut.

“Banyak hal yang akan kita kerjakan disana tidak hanya tenaga listrik pembangkit tenaga surya untuk suplai energi di wisata sawah, tetapi juga pengelolaan dan pendampingan BUMDes. Karna kita sudah memiliki 47 orang tenaga ahli untuk pengelolaan dan pendampingan BUMDes, jadi itu fokus kita disana dalam pendampingan,” ujarnya.

4. PLTS akan diresmikan 25 April 2020

UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharPengunjung di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sebanyak 47 ribu pengunjung wisatawan lokal maupun Internasional datang ke Kampung Wisata Sawah, membuat UMSU mengejar penyelesaian PLTS yang akan diresmikan bulan April mendatang.

“Insyaallah PLTS akan kita launching pada saat Ramadhan, mungkin 25 April atau akhir April untuk mengejar target mereka juga. Supaya pengeluaran dari sisi pembayaran rekening listrik itu bisa lebih ditekan lagi. Mudah mudahan bisa mengcover seluruh kebutuhan yang ada di sana , karna kami akan merancang itu daya keluaan nya itu 2.200 watt-peak (WP) yang kami rancang itu, jadi pembangkit tenaga surya di Desa Pematang Johar memiliki kapasitas 2.200 watt-peak,” jelasnya.

Baca Juga: Kampung Wisata Sawah Pematang Johar Jadi Ikon Baru dan Tambah Kas Desa

5. PLTS gunakan sistem On-Grid

UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharKampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sistem instalansi panel surya yang didesain UMSU pada PLTS objek wisata kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar, dengan sistem on-grid karena harus memperhitungkan kondisi cuaca buruk yang berakibat pada produksi energi matahari yang kurang optimal.

Siang dan malam mereka ready, kami pun mendesain nya on-grid artinya kalau off-grid tidak mampu mengcover sehingga apabila 2 hari agak mendung kita bisa ambil dari PLN kalau kondisi cuaca sangat baik maka kita up untuk di PLTS,” ujarnya.

Pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik itu dari penyimpanan energi dari baterai kemudian diberi importer untuk menjadikan listrik arus bolak balik.

“kita sudah saving energinya di baterai tadi, sehingga daya yang kita hasilkan itu bisa kita pakai selama 6-7 jam sesuai dengan kapasitas baterai, kita mau baterainya berapa tinggal itu aja intinya,” paparnya.

6. Melibatkan 4 mahasiswa pertahun dalam PPDM

UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharPeresmian kampung wisata desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Ketua LPPM UMSU Leilia Khairani mengungkapkan ada sembilan tema prioritas riset Nasional yaitu pangan, energi, kesehatan, transportasi, produk rekayasa keteknian, Hankam, Kemaritiman, Sosial Humaniora, bidang riset lainnya (multidisplin dan lintas sektor). Pada PPDM Desa Pematang Johar melibatkan sebanyak empat mahasiswa pertahunnya.

“Program pengabdian masyarakat tentunya harus melibatkan mahasiswa, minimal 4 mahasiswa tiap tahunnya perjudul. Ada penugasan dosen, yang mendukung kompetensi mahasiswa, jadi salah satunya tugas mini riset nah tugas mini riset itu bisa mengawali kegiatan kegiatan mahasiwa yang akan melahirkan projek projek penelitian pengabdian dan diarahkan ke tugas akhir mahasiswa,” katanya.

7. Fakultas teknik sudah sediakan desain PLTS

UMSU Bangun PLTS di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharDekan Fakultas Teknik UMSU, Munawar Alfansury Siregar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Alfansury Siregar, yang bersinergi membangun PLTS Desa Pematang Johar menyampaikan, bersama para dosen UMSU sudah mendesain energi tenaga surya lebih dulu di Laboratorium fakultas teknik UMSU.

"Jadi energi tenaga surya kita itu bukan hanya ini, kita sudah melihat desain di laboratorium. Jadi energi surya kita itu sudah ada banyak. Tinggal disana tuh bagaimana kondisi cuaca disana," ujarnya.

Baca Juga: Berburu Pemandangan Indah di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya