Tradisi Masyarakat Medan Lihat Upacara HUT RI di Lapangan Merdeka

Dipadati ribuan masyarakat

Medan, IDN Times - Masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan berduyun-duyun mendatangi Lapangan Merdeka Medan. Kedatangan ribuan warga tersebut untuk menyaksikan langsung prosesi upacara bendera dalam memperingati HUT ke-74 RI, Sabtu (17/8).

Pantauan IDN Times di lokasi, sejak pukul 07.00 WIB, masyarakat mulai berdatangan. Pengunjung dari kaum tua, muda, remaja dan bocah ikut perlahan memadati areal lapangan.

Meski matahari mulai menampakkan wujudnya, namun mereka masih antusias dan sabar menunggu persiapan yang dilakukan panitia. Samar-samar nyanyian kemerdekaan terdengar syahdu. Imbauan-imbaun kepada para pengunjung juga mulai disampaikan kepada agar acara berjalan dengan tertib.

"Kami sampaikan kepada masyarakat yang tidak ikut upacara tapi ingin menyaksikan untuk tetap berada di garis yang sudah ditentukan," imbau panitia menggunakan pengeras suara dari atas tribun Lapangan Merdeka.

Sementara salah seorang pengunjung mengatakan bahwa ia sudah hadir di Lapangan Merdeka sejak pukul 08.00 WIB. Bapak bertumbuh tambun itu mengaku datang setiap tahun untuk menyaksikan prosesi upacara Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Walaupun acara tetap begitu-begitu saja, tapi saya tidak pernah absen datang kemari," ucap bapak yang mengenakan kemeja kaos warna coklat tersebut sambil melemparkan senyum.

Sekira pukul 9.19 WIB panita kembali mengimbau untuk tidak ada lagi masyarakat ataupun petugas yang melintas di tengah lapangan. Instruksi itu menandakan upacara bendera akan segera dimulai.

Baca Juga: 68 Nama-Nama Paskibraka yang Bertugas di Upacara HUT ke-74 RI

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya