Tak Sadar Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Motor Diciduk Polisi

Pelaku mengakui perbuatannya

Medan, IDN Times - Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Medan Kota meringkus seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) tak lama setelah beraksi. Dari tangannya, polisi turut menyita satu unit sepeda motor hasil kejahatan.

Kapolsek Medan Kota AKP Riki Ramadhan mengatakan, pelaku Curanmor yang ditangkap bernama Theodorus VM. Sinaga warga Jalan Rawa Cangkuk Gang Toba, Perumnas Mandala.

1. Penangkapan berawal dari laporan korban

Tak Sadar Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Motor Diciduk PolisiPixabay.com

 Pemuda 30 tahun itu diciduk karena mencuri sepeda motor milik Dendi Agitipta (21) warga Perbaungan, saat terparkir di Jalan Aman I, Kelurahan Teladan Barat pada Senin (19/8) sekira pukul 16.30 WIB.

"Korban yang merasa keberatan membuat laporan ke Polsek Medan Kota," kata Riki kepada melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (20/8).

Baca Juga: Polisi Menyamar Jadi Pembeli, Spesialis Pencuri Mobil Diringkus

2. Perburuan terhadap pelaku berdasarkan keterangan saksi dan rekaman CCTV

Tak Sadar Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Motor Diciduk PolisiIlustrasi CCTV/fortresscomms.com

Mendapat laporan korban, sambung Riki, Tim Pegasus langsung bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan penyelidikan. Berdasarkan keterangan juru parkir di sekitaran TKP ciri-ciri pelaku mengarah ke Theodorus.

Menguatkan keterangan saksi, lantas tim memeriksa sejumlah barang bukti termasuk rekaman CCTV di sekitaran lokasi. Dalam rekaman itu tampak pelaku yang mengambil kendaraan korban sesuai dengan ciri-ciri pelaku yang disebutkan saksi.

"Bermodalkan keterangan saksi dan rekaman CCTV kita memburu pelaku," ujar Riki.

 

3. Tak butuh waktu lama bagi polisi meringkus sang pencuri

Tak Sadar Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Motor Diciduk Polisivaping.com

Begitu mendapat petunjuk, Tim Pegasus bergerak memburu Theodorus. Tak butuh waktu lama, polisi mendapat informasi bahwa pelaku sedang berada di daerah yang tak jauh dari TKP pencurian tersebut.

Tim lalu bergeser menuju lokasi yang dimaksud dan berhasil meringkus Theodorus tanpa adanya perlawanan. Di lokasi polisi turut mengamankan kenderaan korban berikut satu kunci asli yang digunakan pelaku untuk mencuri sepeda motor korban.

Selanjutnya pelaku berikut barang bukti diboyong ke markas komando untuk diproses hukum lebih lanjut.

"Pelaku sudah kita tahan dan sudah kita lakukan pemeriksaan. Ketika diinterogasi dia mengakui perbuatannya," pungkas Riki.

Baca Juga: Ketiga Kalinya Dalam 2 Bulan Komplotan Pencuri 'Becak Hantu' Diringkus

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya