Sudah 12 Orang Diinterogasi Terkait Bom, Ditemukan Pipa Berisi Kimia

Sudah empat rumah digeledah tim gabungan

Medan, IDN Times - Sebanyak 12 orang telah diinterogasi pihak kepolisian hingga Selasa (14/11) terkait bom bunuh diri yang terjadi di Mako Polrestabes Medan kemarin. Pihak kepolisian melakukan pengecekan dan penggeledahan yang masih mendalam terkait kasus tersebut.

Brigjend Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan penggeledahan ini dilakukan oleh para tim gabungan dari Polda Sumut, Polrestabes Medan, Polres Belawan dan seluruh Polres jajaran serta densus Mabes Polri.

1. Dari rumah orang tua hingga rumah guru pengajian sudah diperiksa

Sudah 12 Orang Diinterogasi Terkait Bom, Ditemukan Pipa Berisi KimiaRumah terduga pelaku bom Markas Polresta Medan terletak di kawasan Medan Marelan IDN Times/Prayugo Utomo

Tim gabungan kepolisian melakukan pengecekan dan penggeledahan tersebut terhadap keluarga pelaku, yang dimulai dari rumah orang tua, rumah kontrakan pelaku, dan rumah mertua.

Selain rumah keluarga para pelaku, tim gabungan dari pihak kepolisian juga menggeledah dan menginterogasi tetangga pelaku dan tempat guru pengajian.

"Kita sudah melakukan pengecekan dan penggeledahan terhadap keluarga pelaku, mulai dari rumah orang tua pelaku, rumah kontrakannya, rumah mertua dan tempat guru pengajiannya serta tetangga," kata Mardiaz.

Baca Juga: Polisi Temukan Peluru Kaliber 22 di Motor Terduga Pelaku Bom di Medan

2. Ditemukan pipa mengandung senyawa kimia

Sudah 12 Orang Diinterogasi Terkait Bom, Ditemukan Pipa Berisi KimiaRumah terduga pelaku bom di Marelan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dari beberapa rumah yang sudah digeledah, terdapat beberapa barang bukti di antaranya pipa. Namun, pipa tersebut bukan pipa biasa melainkan pipa yang berisi kandungan kimia, juga panah beracun, dan juga alat las.

"Ada beberapa barang bukti berupa pipa, pipa yang diisi dengan kandungan kimia, nantinya Labfor bisa jelaskan kandungan kimianya itu apa," ujarnya

3. Polisi masih mendalami motifnya

Sudah 12 Orang Diinterogasi Terkait Bom, Ditemukan Pipa Berisi KimiaTim gabungan melakukan penggeledahan rumah terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Mardiaz mengatakan hingga saat ini tim gabungan masih bekerja intensif. Sehingga beberapa tim sedang melakukan pengejaran terhadap yang dicurigai ada kaitannya dengan pelaku.

Menurutnya, penggeledahan dan interogasi yang terjadi pada Istri pelaku juga sudah di amankan.

"Dari informasi memang selama ini mereka melakukan pengajian eksklusif dan ini masih kita dalami motif-motifnya. Apakah ada kaitannya dengan istri sendiri dengan kejadian bom," ujarnya.

Mardiaz mengatakan saat ini pihak dan timnya masih mendalami kasus tersebut. Dirinya menambahkan beberapa orang yang sudah diambil keterangannya menyatakan intensif melakukan pengajian.

Baca Juga: Pasca Bom di Medan, Seorang Perempuan Asal Binjai Diamankan Densus 88

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya